Dukung Layanan Streaming, XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan

  • Whatsapp

BANDUNG, beritalima.com | Penggunaan layanan Data di area Central di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta terus mengalami peningkatan. Tercatat beberapa area mencapai peningkatan trafik penggunaan layanan data yang cukup signifikan.

Regional Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan, peningkatan trafik penggunaan layanan data yang cukup signifikan antara lain Kabupaten Boyolali sekitar 70%, Kota Banjar sekitar 63%, dan Kabupaten Gunungkidul sekitar 47%.

Khusus layanan data 4G, trafik meningkat sekitar 43% di ketiga provinsi tersebut. Laju peningkatan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Purworejo yang mencapai lebih dari 72% di periode setahun terakhir.

Pertumbuhan trafik data yang signifikan ini mayoritas didorong oleh layanan streaming dari beberapa platform seperti YouTube, Facebook, dan Instagram.

“Tren ini yang kemudian memacu XL Axiata untuk terus meningkatkan kualitas jaringan guna mendukung layanan streaming,” ujar Sofia, Sabtu (1/2/2020).

Dia tuturkan, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan adalah melalui proses fiberisasi yang telah terlaksana di sebagian besar wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, sekaligus mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Fiberisasi jaringan ini juga salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G yang mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara massif di seluruh wilayah Indonesia dalam 3 tahun terakhir.

Hingga kuartal ketiga 2019, total jumlah pelanggan di area Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta mencapai lebih dari 18 juta atau 17% dari total pelanggan XL Axiata secara keseluruhan. Jumlah pelanggan datanya sekitar 68%, dan pelanggan data 4G sekitar 50%. (Ganefo)

Teks Foto: Teknisi sedang melakukan pemeliharaan salah satu infrastruktur jaringan BTS milik XL Axiata di Banjarsari, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait