Dukung Pembangunan Alun-Alun, NU Surabaya Usulkan Namanya “Latar Pahlawan”

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Rencana Pemerintah Kota Surabaya yang akan membuat Alun-Alun Kota Surabaya yang berada di kompleks Balai Pemuda Jalan Yos Sudarso Surabaya didukung Nahdlatul Ulama. Supaya lebih kreatif, NU Kota Surabaya mengusulkan agar namanya menjadi “ Latar Pahlawan”.

“Perlu dipertimbangkan penamaan kreatif disesuaikan dengan konteks atau citra kota,” kata Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Surabaya KH Dr Achmad Muhibbin Zuhri, Rabu (13/3).

Menurut dia, sebenarnya sudah ada nama alun alun di Surabaya tepatnya kawasan Bubutan yang saat ini namanya sudah diabadikan yakni Alun-Alun Contong. Hanya saja, lanjut dia, fisik lapangannya saat ini sudah tidak ada.

Muhibbin menjelaskan penamaan kreatif yang disesuaikan konteks dan citra kota seperti halnya di Kuala Lumpur, Malaysia ada “Dataran Merdeka”, di Melbourne, Asutralia ada “Federation Square” dan lainnya.

“Jadi, tidak sekedar alun-alun, lapangan atau oro-oro. Tapi dipadukan dengan kata lain yang mencerminkan citra, identitas, kesejarahan kota sebagai satu frasa,” ujar dosen Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya ini.

Untuk di Surabaya, Muhibbin mengusulkan bisa memakai tema pahlawan, perang, plural, majemuk atau semacamnya, seperti halnya nama “Heroic Square” atau “Latar Pahlawan”. Untuk “latar” sendiri adalah bahasa asli Suroboyoan.

“Waktu kecil saya, semua rumah punya ‘latar’, yakni tempat yang cukup luas di depan rumah. Sementara halaman di belakang rumah namanya ‘mburitan’,” katanya.

Selain itu, ia menilai salah satu persil di Jalan Pemuda kurang luas kalau disebut alun-alun. “Saya usul lebih tepat alun-alun menjadi ‘Latar Pahlawan’,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan Kota Surabaya bakal segera memiliki alun-alun yang berlokasi di pusat kota yang menjadi kesatuan antara Kompleks Balai Pemuda Jalan Yos Sudarso dengan lahan di sisi timur Jalan Pemuda.

Nantinya basemen Balai Pemuda akan menyambung ke Jalan Pemuda. Alun-alun Surabaya bakal berada di dua sisi lahan, antara kompleks Balai Pemuda dengan persimpangan di Jalan Pemuda. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *