Dusun Polay Sudah Berlistrik, PLN Targetkan 103 Dusun Tuntas Tahun Ini

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com | Ramadhan kali ini terasa berbeda bagi Nursadi, pasalnya kini ia sudah dapat menikmati listrik PLN. Setelah bertahun-tahun menyalur listrik dari tetangga, lelaki yang berprofesi sebagai petani ini dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan lancar berkat adanya listrik PLN.

Akses listrik ini didapat setelah dilakukan pengoperasian 3 gardu listrik di Dusun Polay dan Dusun Alun-alun Arjasa oleh PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Situbondo, Senin (20/3/2023). Melalui pengoperasian ini, PLN menyuplai pasokan listrik ke 40 warga di lokasi yang berjarak sekitar 28 km dari Kota Situbondo.

Manager PLN UP3 Situbondo, Suhandopo, memaparkan, tahun ini ia menggencarkan elektrifikasi dusun yang berada di wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) sebanyak 25 lokasi. “Untuk Dusun Polay ini PLN memasang Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 6,142 kms, Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 10,194 kms, dan trafo 3 x 100 kVA,” terang Suhandopo, Selasa (28/3/2023).

Suhandopo menuturkan, untuk pemasangan tiang dan jaringan menuju dusun ini cukup menantang, karena medan yang dilalui cukup sulit dan penuh dengan tebing.

“Kami berharap dengan masuknya listrik di wilayah tersebut dapat meningkatkan produktivitas masyarakat. Terlebih aktivitas masyarakat di bulan Ramadhan bisa terbantu, seperti kegiatan memasak, tarawih, mengaji, belajar waktu malam dan semacamnya,” ucapnya.

Untuk keamanan dan keandalan jaringan, petugas PLN juga menjalin kerjasama dengan masyarakat sekitar agar ikut serta menjaga jaringan listrik. Mengingat kondisi di dusun tersebut banyak pepohonan yang tinggi dan rindang.

“Kami berharap warga ikut serta menjaga kelancaran dan keamanan listrik. Setidaknya ketika ada pohon yang berdekatan dengan kabel listrik segera dipotong/dipangkas dengan menginformasikan kepada petugas PLN untuk melakukan pemangkasan,” tandasnya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Lasiran, memaparkan rencana ke depan, PLN berkolaborasi dengan pemerintah setempat akan melanjutkan pembangunan infrastruktur kelistrikan di kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo, tepatnya di Desa Merak.

“Untuk elektrifikasi di wilayah Merak-Baluran di Situbondo ini sudah masuk perencanaan tahun ini. Kami juga telah berkoordinasi dengan stakeholder setempat terkait survey lokasi semoga semuanya lancar tanpa kendala,” ujar Lasiran.

Ia menambahkan, untuk infrastruktur kelistrikan di wilayah ini membutuhkan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 13.598 Kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 4.554 Kms, dan 2 unit GTT berkapasitas 200 KVA untuk menyuplai sekitar 250 Kepala Keluarga (KK).

Tidak hanya itu, selama tahun 2023 ini PLN menargetkan segera listrik 103 dusun yang belum berlistrik di Jember, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Tulungagung, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Pacitan, Ponorogo, Nganjuk, Bojonegoro dan Madiun.

“Target tersebut untuk mencapai rasio elektrifikasi 100%, selaras dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” tutup Lasiran. (Gan)

Teks Foto: Dusun Polay Situbondo kini sudah teraliri listrik, PLN mentargetkan tahun ini mengaliri listrik 103 dusun.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait