Ekonomi Jatim Triwulan III Tahun Ini Tumbuh 5,40 Persen

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur merilis pertumbuhan ekonomi Jawa Timur Triwulan III-2018 dibandingkan periode yang sama tahun lalu tumbuh sebesar 5,40 persen.

“Memang terjadi perlambatan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 5,59 persen. Tetapi yang harus dicermati, walaupun kondisi global lagi tidak bagus akibat pertarungan dagang antara Amerika dan Tiongkok, Jatim tetap bisa bertahan dan masih bisa tumbuh bagus,” ujar Kepala BPS Jatim, Teguh Pramono, di kantornya di Surabaya, Senin (5/11/2018).

Dari sisi produksi, semua lapangan usaha mengalami pertumbuhan positif kecuali Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, Pertambangan dan Penggalian, serta Pengadaan Listrik dan Gas.

Pertumbuhan tertinggi terjadi pada Lapangan Usaha Industri Pengolahan sebesar 8,87 persen, diikuti Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 8,24 persen, Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial 7,99 persen.

“Secara y-on-y, peningkatan pertumbuhan ekonomi Jatim cukup signifikan terjadi pada lapangan usaha industri pengolahan sebesar 8,87 persen. Kondisi ini terutama didukung oleh meningkatnya pertumbuhan sub kategori industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki sebesar 14,47 persen,” paparnya.

Adapun struktur perekonomian Jatim menurut lapangan usaha Triwulan III-2018 didominasi oleh tiga lapangan usaha utama, yaitu Lapangan Usaha Industri Pengolahan dengan kontribusi sebesar 29,70 persen; Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor 18,58 persen, serta Pertanian, Kehutanan dan Perikanan 12,51 persen.

“Bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhannya, lapangan usaha industri pengolahan memiliki sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 2,57 persen, diikuti perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 1,23 persen, konstruksi sebesar 0,56, serta informasi dan komunikasi sebesar 0,38 persen,” lanjutnya.

Jika diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku, maka ekonomi Jawa Timur Triwulan III-2018 mencapai Rp 569,39 triliun, sedangkan PDRB atas dasar harga konstan mencapai Rp 403,68 triliun.

Untuk pertumbuhan ekonomi kumulatif sampai dengan triwulan III-2018 (c-to-c) mencapai 5,48 persen (c-to-c), meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada periode yang sama tahun 2017 yang mencapai 5,53 persen.

Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 8,44 persen, diikuti Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial 7,90 persen, Jasa Perusahaan 7,30 persen, serta Transportasi dan Pergudangan 7,06 persen. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala BPS Jatim, Teguh Pramono.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *