Emiliana, Kepala Sekolah Berprestasi Ikut Lomba Tingkat Nasional

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Emiliana Hoar, S.Pd, Kepala Sekolah SDK Don Bosco 2 Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur yang meraih juara I dalam lomba kepala sekolah berprestasi tingkat SD, selanjutnya akan mengikuti lomba di tingkat nasional pada pada bulan Agustus 2017 di Jakarta.
Peserta yang akan mengikuti lomba tingkat nasional ini adalah kepala sekolah, pengawas, dan guru yang meraih juara I baik di tingkat TK, SD maupun SMP di Kota Kupang.
Hal ini disampaikan Emiliana Hoar kepada wartawan media ini di Kupang, Rabu (26/7) lalu. Pemilihan kepala sekolah, guru dan pengawas berprestasi tingkat Kota Kupang ini telah dilaksanakan pada tanggal 6 – 11 Juli 2017. Sedangkan pengumuman hasil perlombaan dilakukan tanggal 12 Juli 2017.
Untuk kepala sekolah ada enam kompetensi yang dinilai dalam perlombaan tersebut, yakni majamen dan akademik, managerial dan kewirausahaan, keprofesian, sosial, kepribadian, administrasi dan supervisi. “ Yang berkaitan dengan kewirausahaan, antara lain pengadaan kaos kaki yang bertuliskan SDK Don Bosco 2 Kupang,” ujar dia.
Dia mengatakan, peserta yang mengikuti tes harus menyiapkan porto folio sesuai dengan pedoman pelaksanaan perlombaan kepala sekolah, guru dan pengawas.
“ Jadi porto folionya itu mendukung untuk mendapatkan nilai minimal tiga tahun terakhir untuk mendukung penilaian dalam penentuan kejuaraan,” kata Emiliana.
Sedangkan penguji adalah tim penilai dari Dinas Pendidikan Kota Kupang yang sudah mendapat SK atau sudah pernah juara tingkat nasional.
Emiliana berhasil meraih juara I dalam pemilihan kepala sekolah berprestasi tingkat SD karena mengajukan hasil karya ilmiah tentang Perpustakaan, yang dipresentasikannya di depan penguji. “ Pemanfaatan lingkungan literasi untuk meningkatkan minat baca guru dan siswa. Jadi lingkungan literasi itu perpustakaan, sudut baca, pajangan majalah dinding yang dimanfaatkan sehingga anak – anak itu punya semangat dan minat untuk membaca. Itu yang saya angkat sehingga saya meraih juara I,” kata Emiliana menjelaskan.
Dia menambahkan, SDK Don Bosco 2 Kupang mempunyai keunggulan– keunggulan, antara lain piagam penghargaan, kejuaraan internet dan lomba bercerita tingkat provinsi yang dilaksanakan di Dinas Perpustakaan NTT.
Ia juga berharap pemerintah Provinsi NTT dalam hal ini Dinas Perpustakaan Provinsi NTT dan Kantor Bahasa NTT memberi perhatian kepada perpustakaan sekolah SDK Don Bosco 2 Kupang yang saat ini masih kekurangan buku. Karena literasi ini membangkitkan minat baca bukan membaca lewat handpone, tapi sangat mengharapkan membaca buku-buku. Karena didalam buku itu ada isi untuk melatih orang untuk memiliki buku, mencintai buku. (L. Ng. Mbuhang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *