F1 Powerboat Bakal Semarakkan Lagi Danau Toba

  • Whatsapp
Formula one Powerboat di Danau Toba.

Jakarta, beritalima.com | Setelah sukses dalam gelaran F1 Powerboat pada Februari 2023 yang menghadirkan lebih dari sepuluh negara di Danau Vulkanik terbesar dunia, Danau Toba, Sumatera Utara, maka pada Maret 2024 akan diadakan lagi.

“Kami berkolaborasi dengan seluruh pihak untuk bersama-sama mendorong potensi Danau Toba sebagai salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) terus dikenal di kancah internasional. Salah satu upaya untuk mendorong sektor pariwisata di Danau Toba ialah dengan menjadikannya sebagai water sport tourism,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan saat jumpa pers Penyelenggaraan F1 Powerboat di Jakarta (07/02).

Bacaan Lainnya

Penyelenggara event olahraga air pada 2-3 Maret 2024 ini adalah Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney serta kolaborasi beberapa kementerian (Kemenko Marves, Kemenpora, Kemenparekraf serta Kementerian BUMN).

Di 2023, F1 Powerboat atau juga dikenal dengan sebutan Aquabike Jet Ski World Championship Indonesia, membawa dampak ekonomi signifikan mencapai Rp1,68 triliun dan mendatangkan hampir 200 ribu wisatawan mancanegara dan nusantara.

F1 Powerboat 2024 di Danau Toba rencananya berlokasi di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Sebanyak 18 pembalap internasional dari sekitar 10 negara akan berkompetisi. Dan, ada side event yang tak kalah meriah. Kali ini, InJourney menghadirkan kompetisi Solu Bolon antar kabupaten Sumatera Utara dan juga kompetisi Aquabike Indonesian Championship Series Pertama yang akan diikuti oleh kurang lebih 30 atlet jetski Indonesia.

Selain itu, side event juga akan menghadirkan festival budaya dan UMKM pada 29 Februari hingga 3 Maret 2024. Karena potensi olahraga air ini begitu besar, menurut Menpora Dito Ariotedjo, kedepan akan dibuka akademi khusus untuk pemuda Indonesia agar bisa bertarung di lomba jetski bertaraf internasional. “Ini potensi bagi kita untuk memunculkan kembali local heroes Indonesia khususnya untuk ajang water sport,” jelas Dito.

F1 Powerboat merupakan kejuaraan dunia yang menjadi seri utama dan unggulan dalam lomba balap khusus kendaraan perahu motor berpengemudi tunggal. Perahu motor berpengemudi tunggal yang memiliki kecepatan spektakuler, dengan ukuran panjang 5 meter dan berat bobot lebih dari 500 kg. Dengan mesin bertenaga 400 horsepower, dapat mencapai kecepatan lebih dari 220 km/jam.

 

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait