Fahri: DPR Dukung Penguatan Diplomasi Indonesia Kawasan Pasifik

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Parlemen Indonesia hadir pada Pacific Exposittion di Sky City, Aucland, Selandia Baru, 11-14 Juli 2019 untuk memberi dukungan dalam upaya memajukan diplomasi ekonomi, dan budaya Indonesia di kawasan Pacifik.

“Ini strategis dan berdampak positif buat Indonesia dan kawasan,” kata Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah dalam keterangan tertulis melalui WhatsApp (WA) kepada Beritalima.com, Jumat (12/7).

Selain Fahri, juga hadir dalam acara itu Wakil Ketua DPR RI bidang Polhukam, Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Agus Hermanto, Ketua BKSAP, Nurhayati Assegaf dan anggota DPR RI dari Fraksi PPP, Reni Marlinawati, dan anggota Fraksi Partai Golkar, Teguh Juwarno. Acara Pacific Exposition merupakan inisiatif Indonesia melalui Kedubes RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya.

Selain memberikan dukungan, Fahri juga menginisiasi penguatan kemaritiman Indonesia dalam kerjasama negara-negara Pasifik ini, mengingat potensi besar maritim Indonesia dan negara-negara di kawasan Pasifik ini.

Kegiatan Pacific Exposition ini terdiri dari pameran, diskusi mengenai perdagangan, investasi, pariwisata dan kebudayaan yang melibatkan negara-negara kawasan Pasifik seperti Australia, Fiji, Indonesia, Kaledonia Baru, Kepulauan Kook, Kepulauan Marshall, Kepulauan Solomon, Kiribati, Mikronesia, Mauru, Niue, Palau, Papua, Nugini, Samoa, Selandia Baru, Timor Leste, Tonga, Tuvalu dan Vanuatu.

Kegiatan Pacific Exposition juga menghadirkan perwakilan eksekutif dari negara-negara Pasifik. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi hadir mewakili pemerintah memberi sambutan dalam pembukaan Pacific Exposition 2019 ini. Dan, masing-masing negara memberi sambutan seperti Dubes Australia, PM Kepulauan Kook hingga Acting Perdana Menteri Selandia Baru.

Pacific Exposition ini diharapkan dapat memperkuat diplomasi Indonesia di kawasan Pasifik sekaligus mengukuhkan Indonesia sebagai bagian dari negara kawasan Pasifik.

Selain itu juga memberi peluang bagi kawasan timur Indonesia untuk berkembang bersama, seperti NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Kegiatan Pacific Exposition ini mengambil tema “Creating Pacific Momentum” diharapkan dapat memberi momentum kemajuan bagi Indonesia dan negara-negara Pasifik. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *