Farmasi UNAIR Ambil Sumpah 174 Apoteker Baru

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Fakultas Farmasi (FF) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali melepas para apoteker muda terbaiknya untuk mengabdi ke masyarakat. Momen tersebut digelar dalam Upacara Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Periode 112 pada Kamis (28/10/2021).

Sumpah yang mengiringi komitmen dan janji apoteker untuk mengabdi dalam pekerjaannya tersebut berjalan hikmat dan penuh kebanggaan. Sebanyak 174 apoteker muda diambil sumpahnya secara daring dan luring di hadapan lima pemimpin agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Katolik.

Wakil Rektor UNAIR Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi, dan Informasi Muhammad Miftahussurur, dr., M.Kes., Sp.PD-KGEH, Ph.D. dalam sambutannya mewakili Rektor UNAIR mengucapkan selamat kepada para apoteker baru maupun wali. dr. Miftah juga mengingatkan nilai penting dari sumpah yang telah diikrarkan oleh para apoteker baru.

“Enam pasal sumpah yang telah diucapkan atas nama Tuhan tersebut, walau hanya beberapa menit, tapi menjadi permulaan bagi praktik kefarmasian yang sangat panjang bagi kalian semua. Jangan pernah melupakan apalagi meninggalkannya,” pesan dr. Miftah.

Pada sisi lain, Syamsul Hadi selaku perwakilan orang tua menyampaikan rasa terima kasih mendalam terhadap UNAIR dan Fakultas Farmasi yang telah mendidik putra-putri mereka. Syamsul pun berharap kelak para apoteker baru mampu mengamalkan ilmunya di segala bidang dan tempat.

Sementara itu, Perwakilan Apoteker Baru Firmansyah Ardian Ramadhani, S.Farm, Apt. menyerukan peran penting para apoteker muda sebagai tumpuan terwujudnya visi dan misi Indonesia Emas di masa depan. Firman pun juga menyoroti gelaran Sumpah Apoteker yang bertepatan dengan momen Sumpah Pemuda.

“Hari ini kita seakan direstui sejarah. Bersamaan dengan Sumpah Pemuda untuk memperjuangkan tanah air, sekarang juga penanda perjuangan kita para apoteker baru untuk kesehatan dan kesejahteraan Indonesia di masa depan,” ujarnya.

Momen itupun ditutup oleh Dekan FF UNAIR Prof. Junaidi Khotib, S.Si., Apt., M.Kes., Ph.D. yang menegaskan nilai dan kualitas apoteker lulusan UNAIR. Prof. Junaidi meyakinkan bahwa para apoteker telah memiliki bekal yang luar biasa serta telah berhasil mencapai satu milestone dalam kehidupan dan kesuksesan.

“Lulusan FF UNAIR selalu berkontribusi positif dimanapun mereka berada. Kenalkan jati diri tersebut. Kenalkan jati diri terbaik kalian kepada Indonesia,” tutupnya.

Acara yang digelar secara luring dan daring via Zoom Meeting itu sendiri dihadiri oleh jajaran petinggi fakultas, universitas, dan para wali dari apoteker baru. Selain itu, tamu undangan juga diisi oleh perwakilan dari Komite Farmasi Nasional, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya, Ikatan Alumni Fakultas Farmasi (ALFAS), Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Jawa Timur, hingga sederet perwakilan berbagai industri kefarmasian nasional. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait