Festival Laut Dr Salim Giatkan UMKM Dan Kenalkan Habib Salim Segaf Al-Jufri

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
DPW PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Jatim menggelar acara bertajuk Festival Laut Dr Salim. Acara tersebut dihelat di pantai Kenjeran Surabaya. Ribuan pengunjung dihidangi berbagai macam pertunjukan. Beberapa kegiatannya antara lain, Rembug Nelayan, Aksi Bersih Pantai, Festival Kuliner Pesisir, Masak 1000 Ikan Bakar, Bazaar UMKM binaan Hj Lilik Hendarwati, pagelaran Reog Ponorogo, Ludruk hingga Hadrah dan live music Islamiah.

Hadir dalam perhelatan Akbar tersebut Ketua Majelis Syoro Habib Dr Salim Segaf Al Jufri,
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang diwakili oleh wakil gubernur Emil Elistianto Dardak, Wali kota Surabaya, Ir Eri Cahyadi MT dan jajaran pimpinan PKS se-Jatim.

“Acara ini sebenarnya bertujuan untuk mengangkat ke permukaan permasalahan pokok para nelayan. Disamping itu, kita juga melibatkan Tokoh PKS Dr Habib Salim Segaf Al-Jufri sebagai ketua Majelis Syuro PKS,” terang anggota DPRD provinsi Jatim ini.

Bendahara DPW PKS Jatim ini menyebutkan bahwa PKS akan berjuang untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat nelayan.

“Kita akan berikan pelatihan dan pendampingan untuk pengelolaan hasil tangkapan ikan para nelayan. Kita juga mensupport memberikan bantuan peralatan dan kebutuhan para nelayan,” sambungnya.

Menurut anggota komisi C ini, untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat nelayan, semestinya pemerintah ikut campur dan memberikan perhatian serta bantuan. Mengingat pekerjaan sebagai nelayan bukanlah pekerjaan yang mudah. Mereka berjuang di tengah laut untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan. Meskipun terkadang harus diguncang ombak, diterjang badai, mereka tetap semangat untuk bekerja.

“Tapi kehidupan masyarakat nelayan ini, lebih dari 35 persen menjadi orang yang kurang beruntung. Begitu banyak keterbatasan. Terlebih jika musim penghujan, ombak sedang ganas-ganasnya, daripada kapal mereka hancur di terjang ombak, mereka memilih sementara tinggal di rumah. Yang menjadi pertanyaan kemudian, bagaimana mereka bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari jika tidak bisa mendapatkan ikan?,” lanjutnya.

Lilik menambahkan, perairan Indonesia ini terluas nomor 2 di dunia. Dengan kekayaan laut yang luar biasa, seharusnya kehidupan masyarakat nelayan bisa makmur sejahtera. Untuk itu dibutuhkan perjuangan yang sungguh-sungguh agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan.

Dalam acara Festival Laut Dr Salim ini, PKS juga mengangkat seni kebudayaan asli daerah Jawa Timur. Sangat penting mendorong dan memberikan support kepada para pekerja seni. Dengan terus menampilkan kegiatan kesenian khas Jawa Timur ini, diharapkan ke depannya bisa memperbaiki taraf hidup pekerja seni, dan mengenalkan kebudayaan ini kepada masyarakat dan kaum milenia.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait