Festival Tahu Di Lapangan Kunir Kidul Dibanjiri Ribuan Masya

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Ribuan masyarakat berbondong-bondong hadir memeriahkan Festival Tahu di Lapangan Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Minggu (28/10/2018) malam. Pemerintah Lumajang sangat berterimakasih atas inisiatif masyarakat Kunir Kidul dalam menggelar Festival Tahu tersebut.

Acara ini diselenggarakan untuk mempromosikan UMKM. Dalam sambutannya, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M. ML., pada puncak acara Festival Tahu Session II tersebut mengatakan bahwa menurutnya, melalui Fesitival Banjir Tahu akan menjadi agenda rutin di Kabupaten Lumajang, terutama pada rangkaian Hari Jadi Lumajang (Harjalu).

Festival Tahu season II itu digelar selama dua hari, 27 – 28 Oktober 2018. Malam puncaknya dimeriahkan dengan berbagai kesenian khas Lumajang, diantaranya, Bazar potensi Desa Kunir Kidul, pertunjukan seni tarian khas Lumajang serta arak – arakan tumpeng tahu raksaksa dengan tinggi 6 m dan lebar 3 m yang berisikan 16.207 tahu.
Festival tersebut dipadati ribuan masyarakat, bukan hanya warga desa setempat, tetapi juga datang dari luar wilayah di Kabupaten Lumajang.

Cak Thoriq menyampaikan, bahwa melalui banjir tahu ini, ia berharap, agar dapat dapat tercatat dalam Rekor Muri, sehingga banjir tahu di Desa kunir dapat dikenal di kalangan masyarakat Nasional maupun Internasional.
“Oleh karena itu, banjir tahu tidak hanya untuk masyarakat kunir tetapi juga untuk masyarakat kabupaten Lumajang”, pungkas cak Thoriq.

Sementara itu, Bunda Indah yang turut hadir dalam Festival tersebut menyampaikan, bahwa pihaknya beserta Dinas terkait akan ikut mengangkat dan mengembangkan Desa Kunir Kidul melalui potensi penghasil tahu dengan jumlah industri rumah tangga terbesar di Lumajang.

Sedangkan Kepala Desa Kunir Kidul, Hasyim Nawawi menyampaikan, bahwa tujuan diselenggarakannya festival tersebut adalah untuk mempromosikan UMKM yang ada di Desa Kunir Kidul, yaitu, penghasil tahu. Hasyim berharap dengan terselenggaranya festival ini, dapat mendongkrak perekonomian yang ada di Desa Kunir Kidul. Dalam kesempatan tersebut Cak Thoriq menerima Tumpeng Tahu Ageng, dari Kepala Desa Kunir Kidul. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *