FKG UNAIR Ambil Sumpah 85 Calon Dokter Gigi dan Dokter Gigi Spesialis

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali melepas lulusan terbaiknya untuk berkontribusi di masyarakat pada Minggu (31/10/2021). Berjalan penuh hikmat, acara Pengambilan Sumpah Dokter Gigi dan Dokter Gigi Spesialis Periode 3 tersebut digelar secara hybrid.

Ada 85 dokter gigi dan dokter gigi spesialis baru yang mengikrarkan sumpah, terdiri dari 47 dokter gigi baru dan 38 dokter gigi spesialis baru. Dalam momen sakral tersebut, mereka mengikrarkan sumpah dan janji untuk mengabdi dan setia pada etika profesi dokter gigi.

Perwakilan Dokter Gigi Riddo Adli Rudhanton, drg. usai diambil sumpah menyerukan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada FKG UNAIR dan para orang tua. Riddo meyakini bahwa perjuangan keras, kesabaran, dan doa yang ia dan kawan-kawannya panjatkan telah terbayar lunas lewat momen tersebut.

“Setelah ini, kami siap menjadi dokter gigi baru yang profesional, berkualitas, dan beretika. Berbakti dan berkontribusi kepada nusa dan bangsa selayaknya apa yang kita cita-citakan,” tandas Riddo dalam pridatonya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Perwakilan dokter Gigi Spesialis Ardian Jayakusuma Amran, drg.Sp.BM. Dalam kesempatannya, Ardian juga menekankan arti penting titel yang mereka raih usai ikrar sumpah tersebut. Baginya, perjuangan para dokter gigi dan dokter gigi spesialis baru dimulai.

“Menyandang gelar baru, artinya ada amanah baru juga yang kita emban. Mewakili teman-teman, saya mengingatkan bahwa kita adalah orang-orang terpilih yang mendapat anugerah dari Tuhan untuk berbuat dan berkontribusi lebih ke masyarakat,” ungkapnya.

Ucapan selamat juga muncul dari sederet petinggi FKG dan UNAIR. Direktur RSGM FKG UNAIR Prof. RM Coen Pramono Danudiningrat S.U., Sp.BM(K)., FICS. dalam sambutannya mengapresiasi perjuangan berat para lulusan FKG UNAIR yang mampu tetap menimba ilmu dengan baik di masa pandemi.

Pada sisi lain, Dekan FKG UNAIR Dr. Agung Sosiawan, drg., M.Kes., M.H. berpesan kepada segenap dokter gigi dan dokter gigi spesialis baru untuk terus mengingat dan mengamalkan etika profesi, tanggung jawab, serta norma yang berlaku di masyarakat.
Dr. Agung menekankan empat kaidah moralitas etika kesehatan, yakni menebar kebaikan, melakukan perbuatan yang tidak membahayakan, tidak merugikan, memberikan otonomi ke pasien, serta senantiasa menjunjung tinggi keadilan bagi siapapun yang membutuhkan.

“Terakhir, ingat ananda sekalian berasal dari Universitas Airlangga. Universitas yang terekognisi sebagai 465 ranking dunia. Jadilah alumni yang humble, excellent, brave, agile, dan transcendent,” tutupnya.

Selain Dekan FKG UNAIR dan Direktur RSGM, sambutan dan ucapan selamat pun juga terucap dari Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi, dan Informasi M. Miftahussurur, dr. M.Kes., Sp.PD-KGEH., Ph.D, Ketua Alumni FKG UNAIR, dan berbagai tamu undangan lain yang memeriahkan prosesi tersebut.

Gelaran itu sendiri digelar secara daring via Zoom Meeting dan live streaming Youtube serta luring bertempat di Airlangga Convention Center. (Yul)

Caption:
Prosesi Pengambilan Sumpah Dokter Gigi dan Dokter Gigi Spesialis Periode 3.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait