FTP UKAW Beri Pelatihan Budidaya Ikan Lele dan Akuaponik Kepada Kaum Bapak Jemaat Genesaret Danau Ina

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) melakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada kelompok Kaum Bapak Gereja Masehi Injili Di Timor (GMIT) Jemaat Genesaret Danau Ina. Kelompok Kaum Bapak Genesaret Danau Ina, berada di RT 28/RW 09 Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 3 Desember 2022 lalu, yang diikuti peserta sebanyak 21 orang.

Kelompok Kaum Bapak, Genesaret Danau Ina, memiliki empat sub kelompok yang masing-masing terdiri dari enam sampai tujuh orang anggota bapak-bapak. Kegiatan yang rutin dilakukan oleh anggota kelompok adalah kegiatan ibadah, belum ada aktivitas lain untuk memanfaatkan waktu luang yang dimiliki.

Kegiatan ini diinisiasi para dosen di FTP UKAW, yang diketuai Marthen L. Lano bersama anggota yakni Marthen Makaborang dan Jemmy J.S. Dethan, dan dibantu mahasiswa Diana Ndaparoka, Febby A. Leng, Robi J. Tonfanus dan Yuntri H. Poli.

“Bapak-Bapak yang tergabung dalam kelompok Kaum Bapak GMIT Genesaret melalui Ketua BP Kaum Bapak, bermitra melakukan kegiatan demonstrasi plot dan pelatihan budidaya ikan lele dan akuaponik dengan tanaman kangkung sebagai tanaman sayurnya”, Marthen Lano

Dalam kegiatan tersebut, diberikan penyuluhan dan pelatihan serta transfer pengetahuan dan keterampilan tatalaksana budidaya ikan lele dalam ember, pemilihan jenis pakan sesuai usia ikan, pergantian air, syarat dan teknik panen, teknik membuat kaitan penyanggah cup media tanam, pembuatan media tanam dari bokashi padat, pengetahuan sederhana tentang komponen biaya dan analisis untung rugi, pelatihan mencampur larutan gandasil, pengenceran larutan dan pengaplikasian pada tanaman.

Wakil Ketua Majelis Jemaat Genesaret Danau Ina, Pdt. Erens Fanggidae, S.Th mengatakan atas nama Jemaat menyambut baik dan berterima kasih kegiatan tersebut. Hal yang sama juga disampaikan Ketua BP Kaum Bapak Jemaat Genesaret Danau Ina, Absalom Samuel Pada.

Setelah pelatihan diserahkan pada mitra empat unit sarana budidaya ikan dalam reservoir kecil, bibit ikan lele, pakan ikan untuk berbagi usia pertumbuhan, bibit-bibit tanaman, pupuk NPK, pupuk gandasil-D dan sarana lainnya.

Penyerahan bantuan paket teknologi budikdamber dan akuaponik dilakukan Wakil Rektor III Dr. Filmon Polin, SH., M.Hum., dan mewakili Kaum Bapak diterima Ketua BP Kaum Bapak Jemaat Genesaret Danau Ina Absalom Samuel Pada.

Beliau menerima dan mengungkapkan rasa terima kasih, dengan harapan kerjasama kemitraan ini dapat berlanjut dengan kegiatan yang lain, yang dapat menunjang kegiatan yang baru saja dilakukan.

Diharapkan kegiatan ini dapat diduplikasi oleh kelompok yang lain, agar terjadi alif pengetahuan dan keterampilan guna meningkatkan peran ibu-ibu dalam rumah tangga. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait