Fungsi Rahim Dalam Kehidupan Seorang Wanita

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr, Robert Arjuna FEAS *
Kita selalu dengar tentang rahim pada seorang wanita tpi bnyak yang tak paham apa fungsinya ? Terpetik berita pada bu Susy 28 tahun bari nikah 3 tahun tak punya anak,keluhannya selalu perdarahan dan sakit bila berhunungan badan Dokter kandungan mengatakan dia sakit myoma Uteri dan harus dioperasi pengangkatan dan dipastiikan sukit punya anak, lain dengan sepupunya bu Amel yang tiap tahun lahir seorang anak ,kini sudah 5 anak keluar dari rahimnya,jadi apa peran rahim untuk seorsng wanita.benarkan rahim untuk menampung anak? Bagaimana bu Anggun menderita Endometriosis, menstruasi tak teratur dan tak punya anak dan berhubungan selalu sakit.
MENGENAL ALAT REPRODUKSI WANITA
1. Vagina
2. Rahim (uterus)
3. Ovarium
4. Tuba falopi
5. Vulva
Uterus atau rahim merupakan organ penting dalam sistem reproduksi wanita. Rahim terhubung dengan leher rahim (serviks), yang tersambung dengan vagina dan tuba falopi. Selama masa kehamilan, seluruh proses perkembangan bayi terjadi di dalam rahim.
Rahim memiliki dua bagian utama, yaitu cervix uteri atau “leher” rahim dan corpus uteri atau badan rahim. Rahim juga terdiri dari tiga lapisan, termasuk endometrium (lapisan paling dalam) yang melapisi lubang rahim dan membentuk lapisan sel darah secara teratur. Lapisan inilah yang dikeluarkan setiap bulan sebagai darah menstruasi pada wanita yang tidak hamil.Lapisan kedua rahim adalah miometrium, yang tersusun atas otot halus. Lapisan rahim yang paling luar disebut sebagai perimetrium.
Fungsi uterus pada wanita adalah untuk menerima sel telur yang dibuahi yang akan berubah menjadi janin dan akan menahannya selama perkembangan. Uterus atau rahim merupakan bagian dari sistem reproduksi pada wanita yang memiliki fungsi penting yaitu untuk membantu mendukung janin selama masa kehamilan.

Selain untuk kehamilan dan menstruasi, rahim juga berperan penting dalam memberikan respons seksual. Saat tubuh menerima rangsangan seksual, rahim mengalirkan darah ke area panggul dan alat kelamin luar.
FUNGSI RAHIM :
1. Tempat Tumbuh dan Berkembang Janin
2. Penahan Ovum yang Telah Dibuahi
3. Saluran Gamet (Spermatozoa)
4. Pendorong Janin Keluar dari Plasenta
5. Pengendali Pendarahan
6. Tempat Berlindung dan Pemberi Nutrisi bagi Janin
7. Tempat Implamantasi

JENIS PENYAKIT RAHIM
1. Prolapsus uteri – Jenis prolaps kelamin wanita ini merupakan akibat langsung dari melemahnya otot atau ligamen yang tidak dapat menyangga rahim seperti semestinya. Sebagai akibatnya, rahim berpindah dari posisi aslinya dan jatuh ke saluran melahirkan.
2. Kanker endometrium – Ini adalah neoplasma ganas yang menyerang lapisan endometrium pada rahim. Gejalanya meliputi pendarahan vagina (di luar siklus menstruasi), nyeri saat berhubungan seksual atau buang air kecil, dan nyeri panggul.
3. Fibroid rahim – Tumor jinak di dalam rahim yang terdiri dari otot halus. Gejalanya antara lain adalah menstruasi yang sangat banyak atau menyakitkan, inkontinensia urin, dan nyeri punggung bawah.
4. Endometritis – Penyakit peradangan pada endometrium yang seringkali disebabkan oleh infeksi.
5. Hematometra – Suatu kondisi di mana terjadi retensi atau penumpukan darah di dalam rahim. Seringkali disebabkan oleh septum vagina melintang (transverse vaginal septum) atau selaput dara yang tidak berlubang.

JENIS OPERASI RAHIM :
1. Histerektomi – Ini adalah pengangkatan sebagian atau seluruh bagian rahim dan organ di sekitarnya, seperti leher rahim, ovarium, dan tuba falopi. Prosedur ini sering direkomendasikan bagi pengidap penyakit rahim serius yang tidak dapat ditangani dengan metode konservatif, seperti obat-obatan atau terapi.
2. Miomektomi – Ini adalah prosedur bedah untuk mengangkat satu fibroid rahim atau lebih. Metode ini banyak diminati untuk menangani fibroid karena tidak merusak rahim, sehingga pasien wanita tetap dapat hamil.
3. Ablasi endometrium – Prosedur ini bertujuan untuk melakukan ablasi atau menghancurkan lapisan endometrium rahim. Biasanya dilakukan pada pasien wanita yang menstruasinya terlalu banyak atau terlalu lama akibat tumor jinak.
Demikian sekelimut pengetahuan rahim bagi seorang wanita wajib mengetahuinya bukan hanya tahu bahwa rahim cuma untuk tempat penampungan janin atau anak, olala…..
RobertoNews 1119 《11.11.21(22,10)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait