GAMMARAS, Apa Itu Obat Untuk Covid?

  • Whatsapp
Dr. dr. Robert Arjuna MD PhD

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS
Suatu hari saya lihat pak Charly sedang sibuk membeli obat Gamarras besar besaran borong 20 botol di suatu apotik di RS untuk istrinya sedang di rawat di ICU RS dan terpetik berita pak Iwan sedang borong 20 botol obat Gammaras buat bundanya katanya sudah habis biaya Rp.107 juta dalam perawatan. Disisi lain kamar tetangganya seorang yang bu Indri penderita Gullen Barre Syndrome menghabisi 60 botol lebih Gamaras. Memang disaat era pandemi Covid ini semua orang mencari obat ini unfuk pengobatan Covid dan memang obatnya sudah langka di berbagai Apotek,apa hebatnya obat Gamaras dicari orang dengan biaya sebotol Rp 5-6 juta
IVIG adalah imunoglobulin dari plasma darah yang diperoleh dari donor yang sehat. IVIG termasuk ke dalam obat golongan antiserum yang bekerja dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh (sistem imun), melawan infeksi di tubuh, dan menghentikan antibodi perusak agar tidak menghancurkan darah, saraf, atau jaringan tubuh lainnya.
Singkatan tulisan IVig adalah intravasculer imunoglobin itu adalah serum darah yang dibuat untuk keadaan daya tahan tubuh menurun Terapi IVig ‘dosis tinggi’ (hdIVIG), yang diberikan paling sering pada 2 g/kg/bulan, digunakan sebagai agen ‘imunomodulator’ dalam peningkatan jumlah gangguan imun dan inflamasi. IVig dapat digunakan pada sejumlah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, di antaranya trombositopenia, penyakit kawasaki, sindrom guillain, polineuropati demielinasi inflamasi kronis, lupus, myositis, penyakit neurologis seperti myasthenia gravis atau multiple sclerosis, orang yang menerima transplantasi sumsum tulang, dan Covid-19 yang mengalami kondisi kritis.

APA ITU GAMMARAS?
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical and Experimental Immunology, imunoglobulin intravena (IVig) adalah produk darah yang dibuat dari serum antara 1.000 dan 15.000 donor per batch.Ini adalah pengobatan pilihan untuk pasien yang mengalami penurunan antibodi. Kebanyakan orang dapat mentolerir IVIg dengan baik, tetapi efek sampingnya dapat berupa demam ringan,nyeri otot a sendi & sakit kepala tepat setelah diinfus
Selain itu, ada pula pasien yang mengaku mengalami gatal-gatal, perasaan sesak di dada, atau batuk mengi.Terlepas dari itu, terapi IVig digunakan dengan ‘dosis pengganti’ 200-400 mg/kg berat badan, diberikan kira-kira 3 minggu untuk memberikan kekebalan lebih kuat. Harga sekitar 4,9 jutaan belum plus ppn
IVIG (intravenous immunoglobulin therapy) adalah obat yang berfungsi untuk mengobati kekurangan antibodi. IVIG juga sering digunakan untuk mengatasi penyakit autoimun seperti penyakit Kawasaki & mencegah respon penolakan tubuh terhadap transplantasi sumsum tulang.

Manfaat IVig digunakan untuk mengobati
1. kekurangan (defisiensi) antibodi,
2. mencegah respon penolakan tubuh terhadap transplantasi sumsum tulang,
3. mengobati beberapa jenis penyakit autoimun, termasuk penyakit kawasaki dan sindrom Gullian-Barre

IVIG tidak boleh digunakan sembarangan.dan ada beberapa perhatian khusus sebelum pemakaian obat ini:
1. IVIG tidak boleh digunakan pada pasien yang memiliki riwayat alergi dengan obat ini. Beri tahu semua riwayat alergi yang Anda miliki.
2. Jangan melakukan vaksinasi dengan vaksin hidup, seperti vaksin MR dan MMR, selama menggunakan IVIG. Vaksinasi baru boleh dilakukan 3 minggu sebelum atau 3 bulan sesudah mendapatkan IVIG.
3. Jangan mengonsumsi alkohol, mengendarai kendaraan bermotor, atau mengoperasikan mesin dan alat berat, selama menjalani pengobatan dengan IVIG, karena obat ini dapat menyebabkan pusing
4. Beri tahu dokter tentang riwayat pengobatan yang pernah dan sedang dilakukan dan menjalani pengobatan dengan obat loop diuretic.
5. Beri tahu dokter jika Anda menderita diabetes melitus, hipertensi, penyakit ginjal, penyakit jantung, atau gangguan pembekuan darah.
6. Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
Dosis yang diberikan dapat bervariasi, tergantung pada usia dan kondisi yang ditangani. IVIG akan diberikan melalui suntikan intravena Berikut adalah pembagian dosis IVIG berdasarkan tujuan pengobatannya :
1. Meningkatkan jumlah antibodi pada penderita defisiensi antibodi primer dan pasien dengan immunocompromised congenital,
2. Meningkatkan jumlah antibodi pada penderita defisiensi antibodi sekunder
3. Mengatasi sindrom Guillain-Barré,
4. Mengatasi penyakit Kawasaki
5. Meningkatkan jumlah trombosit penderita ITP (idiopathic thrombocytopenic purpura)
6. Mencegah infeksi sesudah transplantasi sumsum tulang.
7. Sebagai bagian allogeneic hematopoietic stem cell transplantation (HSCT) .
8. Mengatasi chronic inflammatory demyelinating polyneuropathy (CIDP)
IVIG hanya boleh diberikan oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter dan pemberian dosis berbeda beda pada tiap jenis penyakit.Pada umumnya, IVIG diberikan melalui infus (intravena, IV). Dosis dan durasi penggunaan IVIG akan disesuaikan dengan kondisi dan respons tubuh pasien. Jadwal pemberian IVIG akan diberikan oleh dokter. Ikuti jadwal yang yang diberikan oleh dokter.selama pengobatan cairan elektrolit tubuh ,pengeluaran urine dan kreatinin harus dipantau.Cara penyimpanan harus jauh dari jangkauan anak disimpan di suhu 2-8 derajat celcius , sebelum diinfus

Interaksi Gamarras dengan Obat Lain
Penggunaan IVIG dapat mengganggu respons sistem kekebalan tubuh terhadap vaksin hidup, seperti vaksin campak (measles), vaksin gondongan (mumps), vaksin campak Jerman (rubella), dan cacar air (varricella). Untuk itu dianjurkan untuk melakukan vaksinasi 3 minggu sebelum atau 3 bulan sesudah mendapatkan IVIG.
Efek Samping Gammaras: Sakit kepala atau pusing,Demam dan menggigil, Mual atau muntah ,Tekanan darah rendah
Nyeri otot atau nyeri sendi Jantung berdetak dengan lebih cepat daripada normal (takikardia)Kulit kelihatan memerah
Rasa sakit pada area yang diinfus a disuntik kemunculan pompholyx atau eksim, serta dihubungkan dengan terjadinya trombosis atau gangguan tromboemboli.
Demikian sajikan artikel ini secara singkat tentang pengetahuan Gammaras, semoga berguna untuk anda,Artikel ini diselesaikan diatas GA 121 dalam perjalanan Medan – Jakarta Selamat Malam.
RobertoNews 1010 《14 .8.21(19.03)》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait