Gandeng Astra, Pondok Pesantren Anharul Ulum Desa Plumpungrejo Gelar Pasar Murah

  • Whatsapp
www.beritalima.com

BLITAR, beritalima.com – Bulan puasa yang merupakan bulan penuh berkah, di Pondok Pesantren Anharul Ulum Desa Plumpungrejo diwilayah Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar mengadakan kegiatan Pasar Murah Astra 2019 yang merupakan program kerjasama dengan menggandeng PT. Astra International Tbk yang menggulirkan kemitraan dengan Pondok Pesantren yang digelar di Desa Jimbe pada Sabtu ( 25/5 ) yang secara bersamaan digelar di 1000 titik diseluruh Indonesia.

Untuk wilayah Kabupaten Blitar dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Anharul Ulum Desa Plumpungrejo diwilayah Kecamatan Kademangan yang merupakan program kemitraan dari tanggung jawab sosial perusahaan ( CSR, red ) PT. Astra Internastional Tbk yang salah satunya diwujudkan dalam kegiatan pasar murah sebagai bentuk kegiatan Kampung Berseri Astra/KBA untuk membantu masyarakat pedesaan memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran dengan harga yang terjangkau menjelang Lebaran yang akan tiba beberapa hari kedepan.

Sesuai motto dari Pondok Pesantren Anharul Ulum yang juga tergabung dalam Asosiasi Pesantren Indonesia Kreatif/APIK ” Pesantren Sehat Indonesia Kuat ” bahwa pondok pesantren juga mempunyai tugas menanamkan jiwa Nasionalsme masyarakat dilingkungan pondok juga peningkatkan nilai – nilai religiusitas ke masyarakat serta memberikan nilai – nilai keteladanan untuk berbagi sesama. Tugas – tugas ini diwujudkan slaah satunya dalam bentuk kegiatan Safari Ramadhan di mushola – mushola dan mesjid – mesjid di Kabupaten Blitar.

Untuk kemitraan dengan pihak Astra dalam Kampung Berseri Astr/KBA ini telah berjalan dari tahun 2018 yang merupakan kegiatan berkelanjutan dengan 5 desa binaan yakni Desa Plumpungrejo, Jimbe, Plosoarang di Kecamatan Kademangan dan Desa Ngrejo dan Bakung di Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar dengan adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan bentuk – bentuk pelatihan – pelatihan diantaranya kegiatan pengolahan produk turunan susu atau produksi olahan dari bahan dasar susu dan telah menghasilkan berbagai varian produk olahan diantaranya Susu Kafier, Yougurt, Bakpao Susu, Krupuk Susu, Masker Kulit, Donat Apick, Sabun White dimana produk – produk ini dikerjakan oleh warga Desa Jimbe yang dilatih oleh pondok pesantren yang disponsori oleh Astra.

www.beritalima.com

Dalam kesempatan wawancara dengan awak media. Direktur Pendidikan Yayasan Pesantren KH. Dawami Nurhadi/YPKHD, Zenudin, S.Pd menjelaskan bahwa ” diadakannya kegiatan Pasar Murah Astra 2019 ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat menengah kebawah mendekati Lebaran yang biasanya harga – harga kebutuhan melonjak, juga untuk meningkatkan kepeduliaan terhadap sesama khususnya masyarakat dilingkunan pondok. Jumlah paker sembako murah yang disediakan sebanyak 500 paket yang dijual dengan harga lima puluh ribu rupiah, dimana harga pasaran sebesar 100 ribu rupiah “, jelasnya.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Zaenudin menambahkan bahwa ” Kampung Berseri Astra/KBA adalah salah satu program CSR dari PT. Astra International TBk. Dalam Kampung Berseri Astra/KBA ini ada CSR untuk kesehatan, pendidikan, kewirausahaan dan lingkungan. Dan Pondok Pesantren Anharul Ulum ini salah satu CSR Astra pada KBA dalam bidang kewirausahaan. Jadi usaha yang kita ajukan di tahun 2018 kemarin adalah pengolahan hasil olahan susu dengan aneka produk olahan Susu menjadi Yougurt, Susu Kafier dan produk lain, pokoknya semua olahan yang bahan bakunya dari susu dan ini sudah berjalan satu tahun. KBA ini itu adalah program untuk pesantren, agar pesantren bermanfaat bagi masyarakat lingkungan sekitar “. imbuhnya. (hen/ich )

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *