Gandeng IPJI, Jatimhariini.Com Serta Batu TV : Program Jelajah Wisata Siap Gali Potensi dan Kolaborasi Bersama Kemenparekraf RI

  • Whatsapp

MALANG, beritalima.com – Kegiatan wisata yang bertanggung jawab terhadap alam, memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesadaran lingkungan merupakan kegiatan wisata yang bukan sekedar wisata alam semata. Konsep ekowisata memiliki pengertian sejarah, kriteria atau prinsip tersendiri dibandingkan wisata konvensional.

Menurut Y. Lukman Adiwinoto, Pimpro Jelajah Wisata dalam kesempatan wawancara bersama awak media mengungkapkan konsep ekowisata merupakan sebuah prinsip yang tidak dapat dipisahkan serta dilepaskan dari sejarah yang melatar belakangi lahirnya sebuah gagasan wisata berbasis konservasi lingkungan hidup serta pemberdayaan masyarakat yang ada di dalamnya sehingga bisa menciptakan sebuah kawasan ekowisata yang bisa diakui secara global.

“ Ekowisata tidak bisa serta merta di lepaskan dari sejarah terbentuknya sebuah kawasan, untuk itu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah bagaimana melibatkan masyarakat untuk berperan aktif dalam turut menciptakan ekowisata di suatu kawasan “ jelas fungsionaris DPW IPJI Jawa Timur.

Lukman menambahkan bahwa ” selain itu dalam program Jelajah Wisata yang akan diproduksi oleh Tim Lintas Media Indonesia yang digawangi oleh Mas Edwin diharapkan mampu memberikan sajian program petualangan yang bisa lebih mengeksplor potensi-potensi wisata daerah khususnya di Malang Raya dan diseluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur umumnya terutama destinasi-destinasi alam serta budaya yang ada didalamnya.

Disamping itu dukungan dari berbagai pihak sangatlah diperlukan untuk mensukseskan program Jelajah Wisata ini. Untuk itu kami akan selalu menggandeng teman-teman komunitas lintas media di wilayah Malang Raya khususnya serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di tiap-tiap Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur terkait untuk turut serta menyukseskan program ini,” tambah pria asal Jember ini.

Sementara itu di tempat berbeda Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Menparekraf RI, Sandiaga S. Uno di sela-sela kunjungan kerja di Desa Wisata Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang memberikan ucapan selamat dan sukses untuk program Jelajah Wisata.

” Program Jelajah Wisata ini diharapkan menjadi salah satu bagian dari program wisata minat khusus terutama ekowisata dan pariwisata berbasis adventure atau petualangan. Sukses untuk program Jelajah Wisata, nanti kita lihat potensi, kolaborasi bersama Kemenparekraf RI,” ujar Bang Sandi sapaan akrab Menteri Parekraf RI saat mengakhiri kunjungan kerjanya di Desa Sanankerto. (Adi/Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait