Gerak Cepat, SEKDA Pimpin Rakor Pulihkan Suasana Pasca Banjir

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.beritalima.com|
Sehari setelah terjadi banjir, nampak masyarakat yang berada di dalam Kota Taliwang dan Kecamatan Brang Rea mulai melakukan bersih – bersih di halaman dan lingkungan sekitarnya yang masih terlihat berserakan sampah dan genangan air. Terhadap hal tersebut, Sekretaris Daerah kabupaten Sumbawa Barat memimpin rapat koordinasi untuk gerak cepat penanganan pasca banjir. Rapat koordinasi yang dilaksanakan di halaman kantor Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa Barat rabu/02/2023 tersebut dihadiri oleh para Kepala OPD diantaranya, Kepala BPBD KSB, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas LH, Kepala DPAD, Dinas Sosial, Dinas Perindagkop, Asisten 2 Sekretariat Daerah, Dinas Damkar dan Kepala PDAM KSB. Rapat tersebut langsung membagi tugas untuk bergerak menangani setiap persoalan pasca Banjir.

Pada jam itu juga, tim langsung turun dengan berbagai peralatan dan perlengkapan, untuk membantu warga melakukan bersih – bersih baik itu di dalam Kota Taliwang maupun di Kecamatan Brang Rea. Dalam laporannya, Kepala Dinas Damkar, Drs. H.Hamsah menyampaikan bahwa dari kemarin sudah melakukan pembagian air bersih hingga sampai 8 titik yaitu di Kelurahan Sampir, Lingkungan Beleong, Kelurahan Menala, dan Kelurahan bertong. Hari ini ada 4 armada yang turun untuk melakukan suplay khusus air bersih.

Sementara itu, terkjait dengan pememnuhan kebutuhan pangan masyarakat, Dinas Ketahanan Pangan akan berupaya melakukan suplay beras dengan mengeluarkan cadangan beras pemerintah untuk menanggulangi masyarakar miskin, dan melakukan koordinasi dengan Bulog untuk pememnuhan kebutuhan masyarakat dan suplay untuk dapur umum. “InsyaAllah, kami sudah menghungi mitra, dan untuk saat ini ada 5 ton yang akan di suplay secara bertahap. Hal ini dilakukan karena menurut laporan banyak masyarakat yang terendam berasnya”, Ungkapnya.

Selain tim dari Pemda, hari itu juga bergabung tim dari Polres Sumbawa Barat, Kodim Sumbawa Barat, dan Brimob Sumbawa Barat bersama – sama turun ke lapangan untuk melakukan pembenahan di dalam lingkungan masyarakat. “Hari ini ada sebanyak 200 orang yang turun ke lokasi, membantu warga untuk melakukan bersih – bersih melakukan penyedotan. Dan insaAllah selama tiga hari ini tim akan intens dilapangan hingga kondisi di Dalam Kota Taliwang dan Kecamatan Brang Rea kembali pulih seperti semula”Ungkap Sekda.

Sementara itu, hadir pula Tim Dari Balai Wilayah Sungai (BWS) datang turun untuk melakukan indentifikasi. Tim tersebut turun untuk melakukan pendataan kerusakan di aliran sungai, tebing sungai yang kemungkinan ada yang longsor, kondisi infrastruktur yang ada, dan melakukan indentifikasi daerah yang terdampak. Tugas lainnya yaitu tim dari BWS akan membantu masyarakat untuk mengeluarkan genangan air dan juga memberi bantuan sembako kepada masyarakat. Terhadap hal tersebut, Sekretaris Daerah meminta segera Kepada Kepala Dinas PUPR agar mensuplay data yang dibutuhkan sehingga segera di realisasi.(Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait