Gerakan “Sambirejo Menanam”, Warga Gotong Royong Tanam Seribu Pohon

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Puluhan warga Desa Sambirejo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menggelar kegiatan gerakan “Sambirejo Menanam”, Jumat 5 Maret 2021.

Kegiatan yang dipimpin Kepala Desa Sambirejo, Suratno, diikuti oleh anggota kelompok tani setempat dan juga dari anggota perguruan pencak silat dan sejumlah penyuluh kehutanan dari Balai pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Hutan Lindung, Bengawan Solo, Cabang Madiun.

Dalam kegiatan tersebut, jumlah bibit tanaman buah-buahan yang ditanam, mencapai seribu batang. Sedangkan lokasi lahan yang ditanami, sepanjang jalan penghubung antara Desa Sambirejo dengan Desa Metesih.

beritalima.com

Ketua BPD Desa Sambirejo, Nur Efendi, mengatakan, tujuan dari gerakan ini untuk menciptakan keindahan jalan desa sekaligus untuk penghijuan lingkungan.

“Panitia sengaja memilih menanam tanaman buah produktif seperti jeruk, mangga, jambu, matoa dan lainnya, dengan harapan agar kedepannya masyarakat sendiri yang nantinya akan menikmati hasilnya. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini,” ucap Nur Efendi.

beritalima.com

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Kehutanan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Madiun, Suparna, menjelaskan, bibit tanaman yang ditanam merupakan bibit aspirasi yang pengelolaannya dari DAS, hutan lindung, Bengawan Solo yang berpusat di Solo.

“Kenapa dilaksanakan di Desa Sambirejo, karena masyarakatnya yang mengajukan. Demikian halnya dengan jenis tanaman yang diperbantukan, juga disesuaikan dengan kondisi lokasi masing-masing yang akan ditanami,” terang Suparna.

Suparna berharap, dengan adanya bantuan ini, dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Untuk itu, ia berpesan agar bibit tanaman yang sudah ditanam dapat dipelihara dengan baik agar mampu menghasilkan buah-buahan yang baik.

Kepala Desa Sambirejo Suratno, mengatakan, penananan 1000 pohon bantuan dari Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur ini, selain dilakukan di sepanjang jalan Sambirejo-Metesih, juga ditananam di sekitar Pasar Legi.

“Ada juga yang di lahan pekarangan warga. Saya berharap, kedepan tanaman yang ditanam ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyaraka Desa Sambirejo,” harap Suratno.

Untuk diketahui, sesuai rencana, di wilayah Kabupaten Madiun akan dilakukan penanaman serupa di 32 titik dengan 33 ribu bibit tanaman dari berbagai jenis yang disesuaikan dengan karakter tanah yang akan ditanami. (Dibyo).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait