GMKI Kutuk Keras Pembunuhan Empat Warga Desa Kalimago

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Pengurus Pusat GMKI mengutuk keras aksi pembunuhan keji terhadap empat orang warga desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Selasa, 11 Mei 2021)

Ketua Umum PP GMKI, Jefri Gultom menduga kuat, aksi pembunuhan keji dilakukan oleh kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Pimpinan Ali Kalora. “Kami turut berduka atas peristiwa ini. Aksi pembunuhan ini merupakan tindakan tidak manusiawi dan segera harus ditumpas TNI Polri ujar Jefri Gultom”.

PP GMKI menilai TNI Polri belum mampu menumpas habis kelompok teroris MIT mulai dari tahun 2015 sampai sekarang. TNI Polri telah melakukan banyak operasi satgas dalam menumpas kelompok MIT yakni Operasi Camar Maleo, Operasi Tinombala hingga Operasi Madago Raya tahun 2021 namun korban warga sipil terus berjatuhan, keamanan warga terganggu bahkan aktifitas warga sebagai petani ikut terganggu. “Dampak yang ditimbulkan bukan hanya keamanan melainkan perekonomian masyarakat terang Jefri Gultom”.

PP GMKI menyampaikan kinerja satgas operasi tidak berbanding lurus dengan anggaran negara yang dikucurkan karena tidak mampu menghentikan konsolidasi dan eksistensi Kelompok teroris MIT di Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, PP GMKI mempertanyakan ribuan personel TNI-Polri yang sudah diturunkan memburu kelompok MIT yang berjumlah tidak sampai 30 org, namun tidak pernah berhasil menumpas kelompok MIT. PP GMKI meminta Panglima TNI dan Kapolri mengevaluasi kinerja satgas operasi Madago Raya.

Aksi pembunuhan telah berulang – ulang terjadi di Sulawesi Tengah. Pada tahun 2020, terjadi aksi pembunuhan yang menewaskan satu keluarga di Desa Lembontonga di Sigi, Sulawesi Tengah yang dilakukan oleh kelompok teroris MIT. PP GMKI menyampaikan masyarakat psikologis masyarakat dalam keadaan takut serta telah terprovokasi oleh tindakan teror kelompok teroris MIT.

Oleh karena itu, PP GMKI meminta pemerintah segera bertindak cepat dalam menumpas kelompok teroris MIT. “Panglima TNI dan Kapolri segera menurunkan pasukan terbaik TNI dan Polri dalam menumpas kelompok MIT tutup Jefri Gultom”.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait