Google Bisnisku Mengantar Koleksikikie Berkembang Sampai Mancanegara

  • Whatsapp
Kikie dengan sebagian ragam koleksinya di kediamannya di Rungkut Asri Barat, Surabaya, Kamis (30/8/2018).

SURABAYA, beritalima.com – Belum lama Koleksikikie muncul di Google Bisnisku, meski usaha ini mulai didirikan Kikie – panggilan akrab Riski – sejak 2007.

Berawal dari hobby ibu 3 anak ini yang senang membuat aksesoris untuk dipakai sendiri dan dikoleksi. Terus, tahun 2013, Kikie membuat toko kecil di rumahnya, karena munculnya permintaan warga sekitar untuk bisa melihat aksesoris-aksesoris buatannya.

Namun, saat itu, mereka yang datang hanya melihat koleksi Kikie. Mereka pulang tanpa membeli.

Tahun 2015, putra Kikie yang bernama Dimas, yang saat itu baru umur 10 tahun, melihat iklan Youtube tentang Google Bisnisku, dan berinisiatif mendaftarkan Koleksikikie.

Setelah terdaftar di Google Bisnisku, ternyata permintaan untuk ikut les membuat aksesoris meningkat.

Kalau sebelumnya pelatihan hanya dilakukan pada waktu tertentu di kafe atau luar rumah, di akhir tahun 2015 Koleksikikie mulai rutin mengadakan kelas privat di rumah.

Juni 2015, Kikie untuk pertama kali mengikuti Konferensi Womenwill yang diadakan Femina bekerjasama dengan Google Bisnisku di Surabaya. Kikie mempelajari bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan Google Bisnisku.

Kelas Womenwill membantu Kikie mengenal program Gapura Digital, program yang diadakan Google untuk membantu UKM go
online.

Dua bulan sejak mengoptimalkan halaman Google Bisnisku, ia dihubungi Konsulat Jenderal Pakistan yang menemukannya di Google Search. Kikie diundang untuk menampilkan koleksinya di Pakistan International Trade Fair di Karachi pada Desember 2017.

Gapura Digital tidak hanya membantu Kikie mendapatkan peluang baru, namun juga meningkatkan penjualan dan angka kunjungan ke rumahnya.

Workshop yang sebelumnya dilakukan hanya sesuai permintaan, sekarang rutin setiap hari dengan topik beragam yang melibatkan teman-teman crafter lain sebagai mentor.

Kalau sebelumnya tamu yang berkunjung para ibu, sekarang banyak pelajar yang mencari kebutuhan untuk tugas prakarya, sehingga angka kunjungan ke rumah Kikie meningkat 10 kali lipat dibandingkan sebelum menggunakan Google Bisnisku.

Sekarang ini, Kikie banyak mengajar workshop online melalui media sosial atau channel YouTube-nya. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *