Grand Final Pemilihan Duta Wisata, Bupati Lounching Nama Baru “Jatmiko- Puspito”

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Grand final ajang pencarian duta wisata Tulungagung 2021 telah usai dilaksanakan, dan telah terpilih pemenangnya. Acara bertempat di Barata Convention Hall, Jum’at, (3/12/2021) malam.

Turut hadir dalam acara, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Wabup Gatot Sunu Wibowo, Ketua Dewan Marsono, Sekda Sukaji, Dandim 0807 Letkol Inf Yoki Malinton Kurniafari, Kajari Mujiarto, Kadis Pariwisata Bambang Ermawan, perwakilan Kapolres, dan seluruh tamu undangan.

Kadis Pariwisata dalam sambutannya menyampaikan, malam ini malam sejarah bagi kita, karena telah lahir nama baru bagi duta wisata Tulungagung.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami terutama dinas pariwisata, karena duta wisata Tulungagung mendapat julukan baru dari Bupati, yaitu “Jatmiko- Puspito,” Ucap Kadis Bambang.

“Jatmiko- Puspito”, adalah sempurnanya seorang pria dan wanita dalam sejarah kerajaan, jika dikaitkan dengan sejarah masa lalu.

“Jatmiko memiliki arti seorang pangeran atau sultan agung, pria yang gagah tampan, berbudi luhur, dan multitalenta. Sedangkan, Puspito mempunyai arti, sebuah kecantikan dan keindahan. karena, Puspito merupakan sebuah bunga. Wanita itu, tidak hanya pinter,cantik ,cerdas, tetapi menjunjung tinggi nilai kepribadian dan kaya akan segala-galanya,” tutup Kadis.

Sementara itu, Bupati Maryoto Birowo menyampaikan, sebelum acara di selenggarakan, terlebih dahulu harus mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

“Menerapkan Prokes 5 m, memakai masker mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menjaga jarak. Kondisi sekarang yang semakin mantap, maka covid-19 di Kabupaten Tulungagung mudah-mudahan cepat segera berakhir,'” ungkap Bupati.

Tulungagung memiliki keanekaragaman daya tarik wisata, jika dikembangkan secara menyeluruh dan terpadu dapat menjadi aset dan potensi wisata yang mampu menarik para wisatawan.

“Dalam era globalisasi saat ini, mengharuskan mampu menghadapi persaingan di segala bidang, tak terkecuali dalam bidang pariwisata. Untuk itu, dibutuhkan strategi melalui persiapan dan pembinaan yang matang dengan meningkatkan kemampuan SDM,” tambah Bupati.

Pemilihan duta wisata, tidak terlepas dari evaluasi mengenai kompetensi, kemampuan promosi, dan kemampuan mengenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Tulungagung.

“Duta Wisata bukan sekedar penampilan keindahan fisik dan kecantikan, namun, memiliki kecerdasan sosial, serta memiliki wawasan tentang pariwisata dan kebudayaan. Di samping itu, duta wisata hendaknya menjadi teladan dan panutan masyarakat. Khususnya, generasi muda, baik bertindak, berbuat, bertingkah laku, maupun bertutur kata,” lanjut Bupati.

Tambah Bupati, yang terpilih sebagai duta wisata terbaik tahun 2021, nantinya, kami ucapkan selamat dan yakinlah kalian adalah putra-putri terbaik yang mampu membawa kemajuan pariwisata di Kabupaten Tulungagung.

“Mari bersama-sama mencintai, menghargai, menjaga, mengembangkan, dan memperluas potensi pariwisata di Kabupaten Tulungagung. Supaya dikenal bukan hanya nasional tetapi juga internasional,” pungkas Bupati.

Adapun juara terpilih sebagai berikut :

Untuk Duta Wisata Putri, peringkat 1 dengan nilai 77,37 diraih Miftachul Chusna. Peringkat 2 diraih Putri titis Pramesti dengan nilai 76,17, Peringkat 3 nilai 75,16 Kiki Trihandayani. Kemudian, peringkat 4 nilai 74,35 Fransiska Vallentina Indria Prastiti, peringkat 5 dengan nilai 66,70 Hanifatus Zulanina.

Sedangkan Putra, Peringkat 1 nilai 77,30 diraih Farid Ashari, peringkat 2 nilai 76,61 Puthut Gondo Wicaksono, peringkat 3 nilai 75,94 Arya Lintang Satria. Selanjutnya, Peringkat 4 nilai 75,21 Fahmi Daud Ibrahim dan peringkat 5 nilai 74,17 Abelian Nathaniel Prastio. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait