Gubernur Jatim Serahkan BSU dan Santunan JKM BPJS Ketenagakerjaan di Bangkalan

  • Whatsapp

BANGKALAN, beritalima.com | Hadir dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2020 di Pendopo Agung Kabupaten Bangkalan, Sabtu (19/12/2020), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali menyerahkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada 5 perwakilan pekerja di Bangkalan yang terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.

Dan dalam kesempatan itu pula, dengan didampingi Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Dodo Suharto, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron, serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura Dhyah Swasti Kusumawardhani, Gubernur sekalian menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris 3 peserta BPJS Ketenagakerjaan masing-masing Rp 42 juta ditambah Jaminan Hari Tua (JHT).

Selain bantuan dan santunan terkait BPJS Ketenagakerjaan itu, Gubernur juga menyerahkan berbagai bantuan lain seperti Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM), KUR, dan Bantuan Penyelamatan Ekonomi Nasional (PEN), serta Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk Kepala Desa yang memiliki warga penerima PKH yang sudah siap mandiri.

Tidak hanya itu, Gubernur juga menyerahkan bantuan masker serta alat pelindung diri (APD) lain untuk pencegahan Covid-19.

Gubernur mengatakan, berbagai bantuan yang diberikan ini merupakan salah satu upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Dan dalam memperingati Hakordia 2020, ia berpesan agar kepala daerah selalu transparan dalam mengelola keuangan. “Kita harus saling membantu melakukan pengawasan demi terwujudnya transparansi anggaran,” ujarnya.

Menurutnya, pelayanan publik dan pengelolaan anggaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemprov Jatim selalu berpedoman terhadap tagline cepat, efektif, efisien, tanggap, akuntable, dan responsif atau Cetar. “Jadi pencegahan korupsi itu harus dimaksimalkan di hulunya sehingga kepala daerah bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” imbuh Khofifah.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Dodo Suharto menjelaskan, Bantuan Subsidi Upah ini merupakan apresiasi dari Pemerintah untuk pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana ketentuan Permenaker No.14 Tahun 2020.

Selain itu Dodo juga menyampaikan, peringatan Harkodia 2020 juga telah diperingati di setiap Kantor BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Timur. Lebih dari itu, lanjutnya, pada Harkodia 2020 ini BPJS Ketenagakerjaan kembali mendapat apresiasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berupa penghargaan kategori “Kementerian Lembaga dengan Unit Pengendalian Gratifikasi Terbaik Tahun 2020”.

Selain penghargaan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan juga menerima 2 apresiasi lainnya, yaitu pada kategori “Lembaga yang memiliki Forum Penyuluh Antikorupsi Teraktif” dan “Ahli Pembangun Integritas Inspiratif”. “Ini merupakan bentuk komitmen dan konsistensi kami dalam penerapan tata kelola yang baik (Good Governance) kepada seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan untuk mewujudkan insan berintegritas tinggi,” tandasnya.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura Dhyah Swasti Kusumawardhani menambahkan, 5 perwakilan pekerja di Bangkalan yang menerima BSU yang diserahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa adalah Nurul Hidayati (Tenaga Harian Lepas/THL Dinas Kominfo), AmirulYusuf (THL Bagian Umum Setda Bangkalan), Yuni Triana Ningsih (THL RSUD Syarifa Ambami Rayo Ebi), Jumiantoro Iqbal (Binajasa Abadikarya), dan Vika Anggraini (Murni Berlian Motor).

Sedangkan 3 penerima santunan JKM adalah ahli waris almarhum R.Kurniawan Hadi (THL Dinas Perdagangan), ahli waris almarhum Imam Subakti (THL Dinas Lingkungan Hidup), dan ahli waris almarhum Ali Mohyin (Dinas Lingkungan Hidup). Mereka masing-masing menerima santunan JKM Rp 42 juta. Selain itu, untuk ahli waris almarhum R.Kurniawan Hadi juga menerima santunan JHT Rp 5.009.400,-, dan ahli waris almarhum Imam Subakti juga menerima JHT Rp 3.700.530,-, karena kedua almarhum tersebut juga mengikuti program JHT. (Ganefo).

Teks Foto: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan didampingi Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Dodo Suharto dan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron saat menyerahkan BSU dan santunan JKM di Pendopo Agung Kabupaten Bangkalan, Sabtu (19/12/2020).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait