Gubernur Khofifah Salurkan Zakat Produktif dan Program Buka Puasa Gratis di Kabupaten Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com | Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali menyalurkan Zakat Produktif bagi pelaku Usaha utamanya Ultra Mikro.

Bertempat di Pendopo Ronggo Jumeno Kab. Madiun, Gubernur Khofifah menyerahkan Zakat Produktif kepada 43 orang pelaku Usaha Ultra Mikro dan pedagang yang berjualan di kawasan Alun-Alun Kab. Madiun, Senin (25/4/2022). Sedangkan tujuh orang diantaranya merupakan pelaku Usaha Ultra Mikro penyandang Disabilitas.

Menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jatim, Gubernur Khofifah menyerahkan langsung Zakat Produktif dalam bentuk uang tunai senilai Rp 500 ribu kepada masing-masing Pelaku Usaha.

Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar, Gubernur Khofifah berharap bantuan Zakat Produktif tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan membebaskan pedagang dari jeratan rentenir.

“Melalui bantuan modal Zakat Produktif ini, Panjenengan semua diharapkan bisa terbebas dari jerat rentenir, utamanya untuk terus menjalankan usahanya,” tutur Gubernur Khofifah.

Selain penyaluran bantuan modal Zakat Produktif, turut diserahkan pula bantuan berupa program Food For Work kepada lima orang pelaku usaha, dimana masing-masing menerima sebesar Rp 2 juta.

Modal Rp 2 juta tersebut diharapkan bisa digunakan untuk menyiapkan buka puasa gratis seharga Rp 10 ribu per porsi bagi masyarakat. Kelima pelaku usaha tersebut diberi modal untuk menyediakan masing-masing 200 porsi untuk 4 hari.

“Jadi mereka diminta untuk menyiapkan 200 porsi untuk 4 hari. Jadi akan ada 50 porsi per harinya. Itu juga dikelilingkan ke berbagai daerah.” terang Gubernur Khofifah.

Atas terdistribusinya Zakat Produktif dan Program Food For Work sore itu, Gubernur Khofifah tak lupa menyampaikan terima kasih, utamanya kepada Baznas Jatim Baznas Kab/Kota.

“Terima kasih untuk Baznas Provinsi dan Baznas Kabupaten /Kota atas sinergitas dan kekompakan satu sama lain. Sekaligus kepada para Muzakki yang membayar zakat serta infaq sodaqoh melalui Baznas. Sebagian dari zakat tersebut di tasarufkan untuk anak yatim dan zakat produktif,” pungkasnya.

Sementara itu, sebelum menyakurkan zakat Produktif, Gubernur Khofifah menyempatkan diri untuk ‘Ngabuburit’ di Alun-Alun. Terlihat Gubernur Khofifah mendatangi satu persatu penjual yang mulai menyiapkan daganganya. Bahkan, Gubernur Khofifah juga turut membeli jajanan gorengan seperti Tahu Petis dan Tempe Mendoan.

Turut hadir dalam kesempatan sore itu, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, Ketua Baznas Jatim H Roziqi serta jajaran Ka OPD terkait.
(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait