Gubernur Sumbar: Kegiatan Bakti TNI Banyak Membantu Pemerintah Bangun Daerah Terisolir

  • Whatsapp

TANAH DATAR — Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang di damping Danrem 032/wbr Brigjen TNI Bakti Agus Fajari,S.I.P,.M.si berserta unsur muspida provinsi dan Kabupaten /Kota dengan pemukulan gong pertanda dibukanya TMMD/N ke -96 Ta 2016 Selasa (3/5/2016).

Program TNI Manunggal Memangun Desa/Nagari (TMMD/N) yang tiap tahun dilaksanakan di nagari ini adalah kelanjutan dari program TNI masuk Desa. Program ini terbukti mempercepat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di daerah terisolir .

Program TMMD/N ini merupakan wujut salah satu nawacita Presiden Joko Widodo yang memba ngun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah- daerah dan desa dalam rangka Negara kesatuan RI.

Menurut Irwan Prayitno program yang tiap tahun dinantikan betul kehabirannya oleh rakyat itu sesunguh nya juga program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, kementerian /lembaga pemerintah dan non pemerintah, pemerintah daerah dan swasta bersama masyakat desa /nagari lokasi sasaran TMMD, khususnya di desa tertingal, terpencil dan terisolir.

Gubernur menyambut baik pelaksanaan TMMD yang dilakukan secara berkesinambungan. Program ini sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, meningkat kan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Namun semua percapaian tersebut tentu tidak menghentikan jajaran TNI untuk terus melakukan evaluasi dan penyempurnaan .agar TMMD tetap relevan dan membawa mafaat nyata bagi kehidupan masyarakat , tahapan perencana sangat penting ,karena di sini dilakukan koordinasi secara terpadu dengan berbagai dinas/instansin /lembaga dan masarakat.

www.beritalima.com

Semua program TMMD harus berasal dari aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah serta terkait dengan kebutuhan nyata masyarakat setempat yang harus segera di carikan solusi tepatnya.

Irwan menjelaskan TMMD juga sebagai bentuk pengabdian demi terwujutnya pertahanan Negara yang tanguh di daerah sekaligus merupakan upaya TNI untuk berkontribusi melestarikan sejarah kemanungaglan TNI rakyat dan penerapan budaya goro dengan TMMD/N dapat mempercepat proses pembangunan dan peninkatan kesejateraan masyarakat di daerah karena meliputi kegiatan fisik seperti infrastruktur dan fasilitas umum lainya .

Pembangunan sarana fisik ini diharapkan dapat membuka keterisolir an suatu daerah dengan daerah lainya menuju pusat-pusat pertumbuhan .berdasarkan pengalaman tahun–tahun sebelumnya di Sumbar.

(Penrem 032/Wbr/rki)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *