Gunung Agung Karangasem Bali Naik Status Siaga

  • Whatsapp

KARANGASEM, beritalima.com | Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Agung dari level II (Waspada) ke level III (Siaga). Kenaikan status ini terhitung sejak pukul 21.00 Wita hari ini. Gunung Agung di Karangasem, Bali, menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik.

Kepala PVMBG telah melaporkan peningkatan status ini kepada pemerintah setempat untuk melakukan antisipasi.

“Kepala PVMBG telah melaporkan kenaikan status Gunung Agung ini kepada Kepala BNPB, BPBD Provinsi Bali, dan BPBD Kabupaten Karangasem untuk mengambil langkah-langkah antisipasi menghadapi kemungkinan terburuk dari meletusnya Gunung Agung,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Senin (18/9/2017).

Sutopo mengimbau masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan. Masyarakat dipersilakan beraktivitas seperti biasa, namun harus tetap menaati setiap rekomendasi yang disampaikan pemerintah.

“Masyarakat silakan tetap beraktivitas normal. Wisatawan silakan tetap berkunjung ke Bali. Taati semua rekomendasi dan saran dari pemerintah dan pemda,” tuturnya.

“Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas pendakian di sekitar gunung. Masyarakat juga diminta menjauh dari area gunung dalam radius 6 kilometer,” ujar Sutopo.

Seperti diketahui Gunung Agung cukup lama tidak meletus, yakni sejak 1963. Karena itu, masyarakat diminta tetap waspada dan mempersiapkan segala kebutuhan jika sewaktu-waktu kemungkinan terburuk gunung tersebut meletus.(yn)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *