Gus Ipul Ajak Pengusaha Manfaatkan Teknologi

  • Whatsapp

Pengusaha merupakan salah satu unsur sekaligus ujung tombak pembangunan di daerah. Pengusaha juga berperan penting dalam mengungkit pertumbuhan ekonomi. Agar makin sukses pengusaha juga harus mampu memanfaatkan teknologi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saat memberi pengarahan pada pengukuhan dan Rakerda I DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Indonesia di Hotel Simpang, selasa (27/7).

            Ia mengatakan, pengusaha mempunyai peran besar dalam menciptakan pekerjaan sehingga menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar perusahaan. Akan tetapi, pengusaha juga dituntut untuk mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi guna memasarkan dan mengenalkan produk usahanya.

            Pasar global atau era globalisasi saat ini, menuntut kepada pengusaha agar bersaing secara cepat dan kompetitif. Tantangan ke depan pengusaha adalah persaingan produk dan kecepatannya dalam memasarkan produk.

“Pasar kita, menginginkan kecepatan dalam mendapatkan produk. Selain itu, harga juga harus terjangkau dan produk yang ada harus tersedia di pasar. Salah satu yang menunjang untuk kesukesannya yakni dengan memanfaatkan teknologi yang ada,” ungkapnya.

            Gus Ipul sapaan akrabnya mencontohkan, bahwa pengusaha ponsel di masa lalu tidak akan menduga ledakan teknologi dan pengetahuan yang begitu pesat. Dahulu, seseorang hanya bisa melakukan komunikasi dua arah seperti berkirim pesan dan melakukan komunikasi suara. Akan tetapi, saat ini ponsel telah jauh berkembang menjadi sebuah perangkat yang sangat dibutuhkan manusia.

“Semua ada di dalam isi ponsel ini. Semua informasi, ada dalam benda sekecil ini. Teknologi ke depan akan lebih maju lagi. Maka, pengusaha harus memanfaatkan teknologi sebagai kebutuhan dalam mengembangkan usahanya,” tegasnya.

            Contoh lainnya, adalah kehebatan transportasi yang menggunakan teknologi. Tidak pernah terfikirkan dahulu transportasi hanya dilakukan secara manual. Namun saat ini, dengan genggaman tangan, semua bisa dilakukan dengan mudah.

“Banyak taxi-taxi konvensional saat ini yang koleps dengan adanya taxi maupun transportasi online. Inilah peluang yang harus ditangkap oleh pengusaha kita. Jangan sampai kita menjadi penonton di negara kita sendiri,” imbuhnya.

Gus Ipul berharap, kepada pengusaha untuk bersatu menghadapi pasar bebas yang tengah berlangsung saat ini. Pengusaha harus menciptakan produk yang murah, inovatif, tekun, ulet hingga memanfaatkan segala peluang yang ada. “Mari kita banjiri negara kita dan negara tetangga dengan produk dalam negeri. Jangan sampai negara tetangga yang membanjiri produk mereka,” pungkasnya.  (**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *