Gus Ipul Berangkatkan Pawai Festival Nongkojajar 2016

  • Whatsapp
wagub jatim dgn didampingi bupati beserta forpimda kab Pasuruan melepas jalan sehat sambil nyunggi apel dan panci susu di nongkojajar pasuruan

Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf atau yang kerab disapa Gus Ipul memberangkatkan puluhan ribu peserta pawai Festival Nongkojajar dalam rangka memperingati hari jadi Kab. Pasuruan yang ke 1.087, di kawasan Kecamatan Tutur, Pasuruan, Sabtu (27/8).

Pawai rakyat yang baru pertama kalinya digelar itu digelar sepanjang lima kilometer dengan mengambil start di depan Balai desa Tutur dan finish di Lapangan Nongkojajar. Kegiatan itu melibatkan 1.087 orang yang memanggul tangki susu, 1087 orang yang mengusung Tumpeng Buah Apel, dengan total peserta sebanyak 12.500 orang yang sebagian mengikuti gerak jalan santai.

Dalam sambutannya Gus Ipul mengatakan, yang memberikan kontribusi pada kemajuan Jatim adalah masyarakat petani apel dan peternak susu di Kec. Tutur. “Pasukan susu nasional 30% nya disuplai oleh Jatim, dan 15% nya berasal dari peternak sapi yang berada di Kec. Tutur ini,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, pawai tersebut dikemas dalam even Festival Nongkojajar 2016, kegiatan yang digelar melibatkan puluhan ribu masyarakat. Selain untuk promosi potensi daerah, pawai tersebut juga untuk mengenalkan destinasi pariwisata daerah Kabupaten Pasuruan. Kawasan Kecamatan Tutur, selama ini merupakan produksi buah apel dan penghasil susu terbesar.

“Pawai diikuti 1.087 warga yang membawa tumpeng buah apel dan 1.087 warga membawa tangki susu terbanyak. Di belakangnya ada rombongan jalan sehat yang diikuti sekitar 8.000 orang lebih. Dan mampu tercatat dan tercetak di rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), ” jelas Irsyad Yusuf. (**).

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *