Gus Ipul : Doa Jadi Senjata Segala Masalah

  • Whatsapp
Gus Ipul : Doa Jadi Senjata Segala Masalah

SURABAYA, beritalima.com – Doa merupakan senjata ampuh dalam menghadapi segala permasalahan kehidupan. Untuk itu, sebagai ummat yang beriman  agar senantiasa berdoa terutama sebelum mengawali setiap kegiatannya.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf dihadapan ribuan jamaah Majelis Dzikir ‘Rahmatan Lil Alamin’ di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad Surabaya, Sabtu (28/1).

Ia mengatakan, doa menjadi modal utama bagi orang hidup. Doa bisa digunakan untuk mengatasi setiap permasalahan yang ada. Karenanya, doa merupakan inti dari ibadah.

“Jadi segala ritual ibadah yang kita lakukan jika disimpulkan adalah doa. Dengan doa, insyallah manusia akan mendapat pertolongan dan kemudahan dari Allah SWT,” ujarnya.

Gus Ipul sapaan akrabnya menyatakan, bahwa senjata lain dalam mengatasi segala permasalah hidup adalah dengan melakukan usaha atau ikhtiar. Jadi doa dan usaha merupakan senjata dalam menyeimbangkan kepentingan di dunia maupun akherat.

Setelah berdoa dan berusaha dilakukan, sebagai manusia beriman haruslah memiliki ilmu pengetahuan yang cukup. Alasannya, jika orang memiliki ilmu yang cukup akan luas pemikiran tindakanya. “Doa dan usaha, namun tidak disertai ilmu hidupnya akan mengalami kesulitan,” imbuhnya.

Sementara itu, setelah melakukan doa, usaha dan bekal ilmu yang cukup, cara terakhir dalam mengatasi masalah yakni dengan bertawakal atau berserah diri kepada Allah SWT. “Kesemuanya itu adalah salah satu cara ampuh, ketika masalah datang dalam kehidupan kita,” pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *