Gus Ipul : “Mudik Gratis PWNU Istimewa”

  • Whatsapp

JAWA TIMUR, beritalima.com,            Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf mengapresiasi Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim. Pasalnya, para peserta mudik akan dibekali secara jasmani dan rohani selama perjalanan menuju kota tujuan.

“Ini istimewa, para peserta selain diberi bingkisan, juga didampingi oleh Da’i yang memberikan tausiah selama dalam perjalanan. Jadi lengkap, terima kasih kepada PWNU yang telah rutin menyelenggarakan mudik gratis bekerja sama dengan Pemprov Jatim”

Hal itu disampaikan Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim saat melepas Mudik Gratis PWNU Jatim di depan kantor PWNU Jatim, Jl. Gayungsari Barat Surabaya, Senin (4/7) pagi.

Gus Ipul mengatakan, mudik gratis ini dapat mendatangkan berbagai manfaat. Yakni, mengurangi kepadatan kendaraan di jalanan. “Tahun ini ada 5 juta orang masuk ke Jatim, dan ada 4 juta orang yang keluar dari Jatim, jadi totalnya ada 9 juta orang yang hilir mudik lewat Jatim. Bayangkan jika semuanya menggunakan kendaraan pribadi. Karena itu, dengan mengikuti Mudik Gratis, tentu kepadatan di jalan akan berkurang” ujarnya.

Karena kepadatan di jalan berkurang, imbasnya, diharapkan tingkat kecelakaan juga ikut berkurang, terutama kendaraan roda dua, serta penumpukan penumpang serta antrian di stasiun, terminal, dan pelabuhan juga bisa ditekan. “Jadi motornya kami angkut, tahun ini ada 400 motor yang kami angkut dengan truk, sedangkan penumpangnya diberangkatkan naik bis” ujarnya.

“Pada mudik gratis tahun ini, kami bekerjasama dengan berbagai pihak telah menyediakan 750 bus yang mengangkut 65 ribu orang, Kereta Api mengangkut 120 ribu orang, dan kapal laut 90 ribu orang. Total ada sekitar 170 ribu orang yang bisa kita akomodasi” lanjut Gus Ipul.

Sementara itu, Ketua Panitia Mudik Gratis PWNU, Dr. Haji Musta’in mengatakan, pihaknya menyediakan sepuluh bus yang mengangkut 550 peserta mudik ke berbagai tujuan. Diantaranya, Jember, Banyuwangi, Magetan, Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek, dan Bojonegoro.

“Nanti bus-bus tersebut akan berhenti di terminal masing-masing kabupaten/kota, jadi para peserta kami himbau untuk menghubungi kerabatnya agar bisa menjemput di terminal. Mudik gratis ini sudah enam kali diselenggarakan oleh PWNU bekerjasama dengan Pemprov Jatim, maturnuwun Gus Ipul” katanya. (**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *