Gus Ipul Optimis Hubungan Jatim-RRT Makin Erat

oleh -55 views
Wagub Jatim Drs Saifullah Yusuf Meninjau Pameran Foto di Acara Perayaan HUT ke 67 Republik Rakyat Tiongkok di Hotel Shangrilla Surabaya

Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf optimis hubungan Jatim dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) makin erat di masa depan. Pasalnya, kerjasama diantara keduanya sudah terjalin sangat lama dan berjalan dengan harmonis serta saling menguntungkan.

“Hubungan Jatim dengan RRT bukan hanya sebatas hubungan pemerintahan atau Konjen dengan Pemprov, tetapi hubungan kultural yang historisnya sudah lama. Kami optimis, kerjasama yang telah terjalin ini akan semakin erat dan terus meningkat di masa depan”.


Hal itu disampaikan Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim saat Perayaan HUT ke-67 RRT di Hotel Shangrilla Surabaya, Rabu (29/9) malam.

Gus Ipul mengatakan, kerjasama antara Jatim-RRT telah membawa dampak yang positif bagi keduabelah pihak. Berbagai kegiatan sosial, perekonomian, kesehatan dan sebagainya, termasuk kerjasama antar provinsi dimana Pemprov Jatim telah menjalin kerjasama dengan 8 provinsi di RRT antara lain Shanghai, Tianjin, Shandong, Guangxi, Zhejiang, Jiangxi, dan Ningxia.

Adapun kerjasama sister city pada tingkat kabupaten/kota yang telah terjalin diantaranya Kota Surabaya dengan Kota Guangzhou dan Kabupaten Sidoarjo dengan Kota Jinan. Khusus kegiatan kerjasama Jatim dengan Tianjin, masing-masing provinsi telah menyediakan Exchange Center sebagai pusat promosi perdagangan (trade). Pariwisata (tourism), dan investasi (investment).

Untu rencana kedepan, Gus Ipul minta kerjasama lebih difokuskan kepada pengembangan pendidikan vokasional. Tenaga kerja Jatim dididik menjadi tenaga kerja menengah yang terampil melalui pendidikan vokasional. RRT dipandang telah berhasil mengembangkan pendidikan vokasional.  (**)