Gus Ipul: Shilaturrahim Ulama Penting Untuk Hadapi Perkembangan Teknologi

  • Whatsapp

          Shilaturrahim Ulama (Shilu) ini menjadi hal yang penting menghadapi perkembangan teknologi yang cukup pesat sekarang ini. Silaraturahim ini menjadi sarana diskusi para ulama di Madura untuk menyelesaikan permasalahan yang berkembang di tengah masyarakat.

            “Kalau dulu Shilaturrahim sudah bisa dilakukan masyarakat, sekarang ini makin penting. Lebih-lebih melihat perkembangan teknologi yang pesat di luar dugaan kita. Sehingga Shilaturrahim ulama ini bisa menjadi sarana diskusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada,” ujar Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf saat Shilaturahim Ulama Pamekasan-Sampang-Sumenep di Pondok Pesantren Al Mursyid Aram-aram Pamekasan, Minggu (28/8).

            Ia mengatakan, forum Shilaturrahim ini moderen sekali. Begitu cepatnya perkembangan teknologi, sehingga dibutuhkan para alim ulama untuk mediskusikan berbagai hal sekaligus agar bisa mendampingi umat dengan baik.

            “Kalau ada anak-anak yang belajar agama atau umat belajar agama, membaca Al Qur’an melalui internet tanpa didampingi guru atau ulama, maka bisa berbahaya dalam memaknainya. Sehingga penting sekali Shilaturrahim ini untuk melihat perkembangan semacam ini,” kata Gus Ipul sapaan lekat Wagub Jatim.

            Menurutnya, hubungan antara ulama dengan umatnya tidak bisa tergantikan meskipun perkembangan internet cukup pesat. Forum Shilaturrahim ini harus diteruskan untuk merespon berbagai masalah yang berkembang di tengah masyarakat. Peran kyai, ulama dan guru sangat penting.

“Di mana saja kalau melibatkan kyai, maka kebijakan pemerintah bisa dijalankan dengan baik. Agar kyai tidak ketinggalan informasi, maka forum Shilaturrahim ini menjadi penting,” jelasnya.

Sebelum menyampaikan sambutannya, Gus Ipul berbincang sekaligus makan bersama dengan para ulama dan umat di Ponpes tersebut. (**)

 

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *