H-2 Jelang Penutupan, 9 Bacalon DPD dan 4 Parpol Mengajukan Bacalon DPRD ke KPU Jatim

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com|
Dua hari sebelum masa pendaftaran Bakal Calon (Bacalon) Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Pengajuan Bacalon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pemilu Tahun 2024 ditutup, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menerima dokumen pendaftaran sebanyak 9 Bacalon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan 4 dokumen Pengajuan Bacalon Anggota DPRD dari Partai Politik.

Penerimaan pendaftaran Bacalon Anggota DPD dan Pengajuan Bacalon Anggota DPRD dari Partai Politik bertempat di Halaman Belakang dan Aula Lantai II Kantor KPU Provinsi Jawa Timur, Jalan Raya Tenggilis 1-3, Surabaya.

Kesembilan calon tersebut ialah AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menyerahkan dokumen pendaftaran pada 5 Mei 2023. Kemudian pada 9 Mei 2023 Agus Rahardjo dan Lia Istifhama. Disusul pada hari berikutnya, 10 Mei 2023 yaitu AA. Ahmad Nawardi dan Kunjung Wahyudi. Muhammad Trijanto, Abdul Qodir Amir Hartono, dan Ayub Khan mendaftar pada 11 Mei 2023. Sementara pada pagi tadi, Jumat 12 Mei 2023, menyerahkan dokumen pendaftarannya, Bacalon DPD Emilia Contessa.

Sedangkan empat Partai Politik yang tercatat telah mengajukan Bacalon Anggota DPRD Provinsi yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) pada 11 Mei 2023. Dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) serta Partai Amanat Nasional (PAN) pada 12 Mei 2023.

Kesemuanya disambut oleh Sekretaris KPU Jatim Nanik Karsini dan diterima langsung oleh Ketua KPU Jatim Choirul Anam, Anggota Rochani, Miftahur Rozaq, Insan Qoriawan, Gogot Cahyo Baskoro, dan Nurul Amalia. Turut hadir juga perwakilan Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Timur (Bawaslu Jatim) untuk menyaksikan rangkaian proses pendaftaran.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan bahwa proses pendaftaran Bacalon DPD dan pengajuan berkas dari Partai Politik sampai saat ini berjalan berjalan dengan kondusif.

“Alhamdulillah sejak dijadwalkan mulai 1 Mei 2023 sampai dengan saat ini, hari kedua belas terdapat sembilan Bacalon DPD yang sudah mendaftarkan diri dan empat Partai Politik yang sudah menyampaikan berkas pengajuan Bacalon Anggota DPRD,” kata Anam.

Dengan jumlah tersebut sementara terdapat delapan Partai Politik yang sudah melakukan konfirmasi untuk hadir. Di antaranya Partai Ummat, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) konfirmasi akan hadir pada Sabtu, 13 Mei 2024. Sedangkan dua lainnya, yaitu Partai Golongan Karya (Partai Golkar) dan Partai Buruh akan hadir pada Minggu, 14 Mei 2023.

“Artinya sebanyak enam parpol yang belum melakukan konfirmasi ke kami,” jelasnya.

Dengan demikian, Anam berharap bagi Partai Politik yang belum melakukan konfirmasi, segera konfirmasi kapan akan hadir.

“Sehingga kami bisa lebih mempersiapkan lebih awal, dengan begitu kualitas pelayanan kami juga tetap prima dan baik,” harap Anam.

Berkaitan dengan hal tersebut, mantan Anggota KPU Kota Surabaya tersebut menegaskan bahwa pihaknya siap menerima dokumen pendaftaran Bacalon Anggota DPD dan pengajuan Bacalon Anggota DPRD Pemilu 2024 di Jawa Timur hingga dua hari kedepan.

“Kami tetap standby sampai besok tanggal 14 Mei 2023 untuk menerima Bacalon DPD dan kawan-kawan perwakilan Partai Politik tingkat provinsi,” terang Anam.

Adapun waktu penerimaan dimulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB. Kecuali pada hari terakhir, 14 Mei 2023 dibuka hingga pukul 23.59 WIB.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait