Hadir Secara Virtual, Sultan: Beliau Calon Pemimpin Masa Depan Indonesia

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin menghadiri secara virtual undangan promosi doktoral Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) di Institut Pertanian Bogor (IPB), Kamis (10/6).

Sebagai salah satu tokoh yang hadir memenuhi undangan putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut, Sultan mengucapkan selamat dan bangga atas pencapaian putera kedua pasangan SBY-Ani Yudhoyono itu.

“Selamat untuk beliau. Saya mendengarkan langsung apa yang dipaparkan Mas Ibas. Gagasan dalam disertasinya sangat menarik. Dan, saya yakin skema yang diusungnya bakal dapat digunakan sebagai salah satu rujukan pemerintah dalam membangun sektor pariwisata,” ujar senator muda dari Dapil Provinsi Bengkulu tersebut.

Pada sidang tersebut, Ibas mempresentasikan disertasi berjudul “Strategi Pembiayaan dan Investasi untuk Pengembangan Pariwisata Terpadu yang Berkelanjutan dan Inklusif”. Apalagi saat ini kondisi sektor pariwisata sedang mengalami kesulitan semenjak dilanda Pandemi global Covid-19.

“Masa Pandemi berdampak pada semua sektor, termasuk industri wisata. Sebelumnya industri wisata yang ada di Indonesia tengah mengalami perkembangan pesat usai tagar “Wonderful Indonesia” mulai dikenal dunia.
Namun, selama pandemi ini turis lokal maupun mancanegara mengalami penyusutan jumlah sangat signifikan. Dari banyaknya sektor yang terkena dampak pandemi, Industri pariwisata merupakan salah satu yang terkena dampak terbesar dibanding industri lainnya,” ungkap Sultan.

Menurut “Worl Travel And Tourism Council” kerugian dialami Indonesia semenjak Januari dari industri pariwisata sekitar 1,5 miliar Dollar AS. Penutupan akses bagi turis-turis dari China merupakan salah satu alasan terbesar. Pebuari Tahun baru China, merupakan Peak season. Wisatawan dari Tiongkok yang mendominasi.

“Pariwisata harus dibangun terpadu dengan semangat berkelanjutan dan terbuka. Dan, skema pembiayaan serta investasi harus menjadi kunci. Selain itu juga yang tak kalah penting bahwa masyarakat tetap diletakkan sebagai subjek utama dalam pembangunan seluruh potensi pariwisata. Dan presentasi Mas Ibas mengupas semuanya secara tuntas,” tegas dia.

Pada kesempatan itu, Sultan juga menjelaskan, sidang doktoral ini juga membuktikan, Mas Ibas memiliki kapabilitas serta dedikasi yang besar untuk kemajuan bangsa Indonesia, semoga wawasan pengetahuan yang ditawarkan beliau dapat memberikan manfaat buat kita semua.

Sidang promosi doktoral Ibas ini, juga disaksikan tidak hanya oleh SBY dan kakaknya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tetapi para pejabat teras DPP Partai Demokrat beserta undangan terbatas bagi pihak tertentu.

“Sekali lagi selamat Mas Ibas, dan dengan kapasitas dan keilmuan yang dimiliki saya yakin beliau nanti akan menjadi pemimpin besar dimasa yang akan datang,” demikian Sultan Bachtiar Najamudin. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait