Hadir Virtual di Pelantikan Joman Jatim, Menperkeraf Harapkan Bantu Kebangkitan Ekonomi

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr Salahuddin Sandiaga Uno mengharapkan Jaringan Organisasi Masyarakat Nusantara ( Joman ) Jawa Timur membantu kebangkitan ekonomi masyarakat khususnya sektor pariwisata ditengah masa pandemi covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga Uno dalam dialog secara virtual pada pelantikan DPD Joman Jatim, di Surabaya, Kamis(25/2/20221).

“Joman merupakan salah satu aset bangsa yang cinta NKRI, yang mempunyai banyak jaringan, kami berharap bisa membantu kebangkitan ekonomk sektor pariwisata,”katanya.

Ia berharap semua pihak agar tetap semangat menjaga dan mengajak masyarakat untuk tetap menegakkan protokoler kesehatan agar pandemi cepat berakhir dan ekonomi segera meningkat.

Terkait masukan Joman Jatim tentang pengembangan sektor pariwisata religi di Jawa Timur, Sandiaga Uno mengatakan pihaknya tetap akan merencanakan pengembangan pariwisata religi di Jawa Timur, ” Wisata religi sangat penting di Jawa Timur yang mayoritas warganya adalah warga Nahdlatul Ulama,”tambahnya.

Sementara itu Ketua DPD Joman Jatim, Arief Choirie mengatakan optimisme tinggi harus dimiliki seluruh masyarakat, pelaku usaha, pemangku kepentingan, dan masyarakat agar kondisi ekonomi nasional dapat bangkit mulai 2021.

” Krisis adalah momentum membuat perubahan. Di satu sisi, krisis dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan. Di sisi lain, krisis dapat membuka pintu-pintu kesempatan bagi untuk berbenah dan maju dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, hal itu menjadi program utama DPD Joman Jatim yang akan dilantik,”ujar Ketua DPD Joman Jatim, Arief Choiri.

Ia menambahkan Joman Jatim ikut merasakan keprihatinan atas kondisi saat ini akibat pandemi Covid-19, dimana membuat daya beli rumah tangga/ konsumen jatuh karena banyak pekerja dirumahkan, bahkan di-PHK karena pandemi. Oleh karena itu, dengan berbagai progam ekonomi, Joman akan berupaya membantu kebijakan kebangkitan ekonomi.

” Dalam upaya tersebut Joman Jatim sudah mempunyai program untuk mempertemukan regulator dengan dunia usaha, program ini semacam ini penting untuk memperkuat denyut semangat pelaku usaha agar terus optimis untuk membangun dan menggerakkan roda perekonomian nasional,” tambahnya.

Ketua Umum DPP Joman Immanuel Ebenezer mengatakan Dalam situasi yang serba sulit saat ini, Joman Jawa Timur tidak hanya berpangku pada negara, namun bagaimana kita harus membantu masyarakat dan mendukung sepenuhnya kebangkitan dan pemulihan ekonomi yang dirancang oleh negara,khususnya di wilayah Jawa Timur,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini sangat penting bagi semua pihak dalam upaya mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat agar perekonomian nasional dapat segera bangkit. Konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat adalah dua fakor paling elastis dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi serta kredit produktif.

” Dengan semangat baru, kita semua berjuang dalam kebangkitan ekonomi di tahun 2021, Joman bersama pengurus di seluruh Indonesia dengan berbagai programnya bergerak dalam merintis kebangkitan ekonomi, ini sama halnya dengan perjuangan di masa revolusi 1945, ayo semua berjuang,”ujarnya.

Dikatakannya, ia mengajak seluruh komponen Joman untuk bersama-sama pentingnya pembangunan enterpreneurial culture dan enterpreneurial leadership, dan ekosistem yang sehat agar masyarakat dapat menyesuikan diri dengan perubahan pola bisnis akibat pandemi, agar konsumsi rumah tangga dan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa kembali pulih. (Erw)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait