Hadiri Pembukaan Musrenbangcam di Tambelangan, Bupati Sampang Instruksikan Desa Berinovasi

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Saat menghadiri acara pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) Bupati Sampang H.Slamet Junaidi ungkapkan beberapa program pembangunan yang disiapkan untuk Kecamatan Tambelangan, salah satunya seratus proposal yang diajukan kepada Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Prawoto, Selasa (9/2/2021).

“Kita kemarin di beri bantuan oleh Ketua Komisi VII Sugeng Prawoto, untuk membuat proposal sebanyak seratus titik yang akan fokuskan ke daerah Kecamatan Tambelangan, sehingga apa yang mungkin menjadi keluhan daripada Masyarakat Tambelangan nantinys akan terjawab,” Katanya.

Selain itu,untuk pengrajin anyaman daun pandan (Tikar) nantinya diupayakan bahan bakunya tidak lagi membeli dari luar atau impor dari daerah Jawa, padahal dari tahun sebelumnya 2020 kita sudah instruksikan kepada Dinas Pertanian dan juga Dinas Perdagangan dan Koperasi untuk membantu mereka.

“Sebenarnya kita memiliki dua bendungan waduk Klampis dan waduk Nepa, dan kita ketahui bahwa pandan itu mudah tumbuh di tempat yang berair, tentunya hal itu sangat berpotensi jika kita budidayakan di daerah Kecamatan Banyuates dan pinggiran waduk Klampis,” imbuhnya

Selanjutnya jika hal itu sudah terwujud nantinya bahan bakunya dari kita, pengrajinnya pun dari kita marketnya keluar sehingga ada In Come ke kita, tujuannya adalah kita bukan hanya pengrajin, “Sedangkan Dinas Perdagangan kita perintahkan untuk membantu para pengrajin dalam pemasarannya,” timpalnya.

Disamping itu untuk beberapa Desa yang memiliki potensi untuk pengembangan wisata kami berharap Desa bisa berinovasi sehingga nantinya Desa bisa mandiri dan tidak lagi terlalu mengharap dari Pemerintah Daerah.

“Harapan kami Desa punya inovasi, bikin proposal tentang potensi yang akan diangkat, di samping itu gunakan Dana Desa agar lebih maksimal, kalau masih kekurangan anggaran masih butuh program dari kita ya kita bantu, sesuai dengan program kita dari awal untuk mewujudkan Desa menjadi Desa mandiri” harapnya.

Sementara itu Camat Tambelangan Kiyatno menyambut baik apa yang disampaikan oleh Bupati sampang, dan berharap agar semua pihak khususnya Kepala Desa benar-benar lebih maksimal lagi dalam melaksanakan program inovasi pelayanan dan pembangunan.

“Ini merupakan moment kesempatan bagi pemerintah Desa dalam memaksimalkan program pembangunan di Desanya masing-masing, sehingga nantinya sesuai dengan petunjuk dari Bupati, Kepala Desa bisa melakukan program pembangunan tidak hanya menunggu dari Kabupaten, dan tidak hanya melalui Dana Desa, melainkan melalui proposal ke Pemerintah Propensi dan Pusat,” ungkapnya.

Menurutnya, jika hal itu benar-benar sudah dilaksanakan nantinya akan berimbas kepada majunya perekonomian di tengah-tengah Masyarakat, sehingga apa yang menjadi cita-cita daripada kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sampang untuk menjadikan Sampang yang Hebat Bermartabat akan terwujud.

“Dengan inovasi, Desa akan lebih cepat dalam melaksanakan pembangunan, sehingga nantinya tidak hanya infrastrukturnya saja yang maju melainkan perekonomian masyarakatnya juga ikut berkembang, Pungkasnya. (FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait