Halal Bi Halal Macapat Jenggolo Manik di Mpu Tantular Sidoarjo

  • Whatsapp
SIDOARJO, beritalima.com – Bertempat di Mpu Tantular Buduran Sidoarjo Paguyuban Mocoat Jenggolo Manik Menggelar Halal Bi Halal (19/7).
Paguyuban Jenggala Manik diadakan pada setiap malam Rabu Legi secara rutin, bahkan pada Bulan Oktober akan digelar Vestival di Mpu tantular sedangkan pada bulan November Vestival Keroncong.
Melalui Parik an atau PangkurĀ  untuk menyampaikan pesan – pesan dengan nada intonasi adat jawa yang sering dibuat acara Kemantenan adat Jawa merupakan warisan para pujangga dan Wali yang berisikan nasehat yang baik
dalam kehidupan sehari-hari.
20160719_224748
Dalam sambutannya Drs. Edi Iriyanto, MM, kepala UPTD Museum Mpu Tantular Sidoarjo mengatakan, kebudayaan seperti Jenggolo Manik ini patut kita apresiasi dan kita pertahankan, bakan saya sering mempromosikan ketika ada pertemuan di tingkat Nasional, pungkas Edi.
Sementara Pengurus Paguyuban Jenggala Manik menyampaikan bahwa kegiatan yang diadakan merupakan kegiatan rutin pada setiap malam rabu Legi.
” Mari kita Pertahankan kebudayaan Jawa dan kita kembangkan kebudayaan jawa ini Terutama bagi masyarakat pinggiran/yang dipinggirkan yang kekurangan informasi tentang kebudayaannya, adat istiadat sendiri di wilayahnya sendiri, kegiatan ini juga dapat Terobsesi untuk membantu anak didik di sekolah-sekolah yang ada saat ini” Tutur Ki Purwo Sableng Ketua Paguyuban Macapat Jenggala Manik.
Dalam kesempatan tersebut Moch. Efendi, SH CEO Beritalima mendapat penghargaan sebagai anggota kehormatan, PIN anggota kehormatan langsung disematkan oleh Drs. Edi Iriyanto, MM, kepala UPTD Museum Mpu Tantular Sidoarjo didampingi oleh Ketua Paguyuban Ki Purwo Sableng serta pengurus lainnya seperti, Mbak Tari, Mimin, Pak Bambang M, Ki Suwarno, dan lainnya. (to_red)

 

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *