Hardiknas “Belajar dari Covid 19” Pacu Prestasi dari Rumah

  • Whatsapp
Dr.Ir.H Wahid Wahyudi MT

SURABAYA, Beritalima.com | Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tahun 2020, yang bertepatan dengan hari Sabtu, tanggal 2 Mei 2020, akan menjadi peringatan HARDIKNAS yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena berada pada situasi Darurat Covid-19 di Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Dr.Ir.H Wahid Wahyudi MT mengungkapkan
Lazimnya, peringatan HARDIKNAS dilaksanakan secara meriah dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti lomba-lomba seni, olahraga dan sains, seminar, lokakarya, pameran inovasi pendidikan dan kegiatan-kegiatan ilmiah yang lain yang dilaksanakan oleh seluruh lembaga pendidikan, dan puncaknya adalah pelaksanaan Upacara Bendera di Gedung Negara Grahadi dengan Inspektur Upacara Gubernur Jawa Timur.

“Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 42518/MPK.A/TU/2020, tanggal 29 April 2020, tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2020, Upacara Bendera serta rangkaian kegiatan HARDIKNAS dengan melibatkan pertemuan banyak orang yang umumnya dilakukan, DITIADAKAN,” terang Wahid.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (KEMENDIKBUD) akan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan HARDIKNAS Tahun 2020 secara terpusat, terbatas serta menerapkan secara ketat protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara,” sambung Wahid. .

Lebih lanjut Wahid menyampaikan bahwa
KEMENDIKBUD menghimbau instansi pusat, daerah dan satuan pendidikan cukup mengikuti kegiatan dimaksud melalui siaran langsung dari kanal youtube KEMENDIKBUD dan Saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

“Dengan memperhatikan kondisi saat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memperingati HARDIKNAS 2020 yang mengambil tema : “BELAJAR DARI COVID-19″ ini dengan berbagai kegiatan positif yang tidak mengakibatkan berkumpulnya orang banyak di suatu lokasi, tanpa mengurangi makna dari peringatan HARDIKNAS tahun ini. Rangkaian kegiatan HARDIKNAS Tahun 2020 di Jawa Timur,” lanjut Wahid.

“Penyampaian Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 oleh Gubernur Jawa Timur melalui Video Broadcast dan Audio Spectrum. Festival Online Pelajar Kreatif #berkaryadarirumah berupa Lomba Foto, Lomba Video dan Lomba Poster bagi siswa SMA/SMK/PK-PLK se Jawa Timur, dengan tema “BELAJAR DARI COVID-19”, ujar Wahid.

Webinar (Video Conference) tentang Strategi Percepatan Pengembangan Akses dan Kualitas Pendidikan di Jawa Timur. Festival Inovasi Sekolah secara Online melalui Platform Digital SIISKA (Sistem Informasi Inovasi Sekolah) :https://dindik.jatimprov.go.id/siiska/

Wahid menjelaskan bahwa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan harapannya kepada seluruh insan pendidikan di Jawa Timur, untuk tetap bersemangat memajukan pendidikan di Jawa Timur di tengah badai Covid-19 ini.
“Kepada para Pelajar Jawa Timur, Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini mengajak untuk tetap bersemangat belajar walaupun dilaksanakan melalui metode belajar dari rumah, demi meraih cita-cita dan masa depan yang gemilang. Beliau yakin sepenuhnya, bencana Covid-19 ini telah mengasah seluruh kemampuan intelektual masyarakat Jawa Timur untuk tetap bisa belajar, berkembang dan berkemajuan ditengah berbagai hambatan, tantangan dan keterbatasan,”pungkasnya.(yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait