Harga Karet Merosot, Petani Karet di OKU Mengeluh

  • Whatsapp

Ogan Komering Ulu, beritalimacom– Dari minggu kedua bulan April 2017 di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan, harga getah karet mengalami penurunan drastis, saat ini harga karet berada di kisaran Rp.7.400/kg, kondisi ini membuat petani karet tertunduk lesu.

Seperti yang dituturkan Zainal Arifin (47) salah seorang petani karet, Kelurahan Kemelak Bindung Langit Baturaja Timur. Sebelumnya petani karet sangat bergairah karena harga getah karet menunjukan tanda-tanda kenaikan, setiap kali menimbang selalu bergerak naik hingga mencapai Rp.14.500/kg, Namun kini harga komuditas andalan di OKU Khususnya, dan pada umumnya di Sumatera Selatan sudah turun hingga titik terendah menjadi Rp7.400/kg.

“Harga getah karet yang turun drastis ini mengejutkan petani karet, apalagi akan menjelang bulan Puasa (Bulan Suci Ramadhan) semua kebutuhan sehari-hari mulai merangkak naik, akibatnya petani karet mengalami kesulitan ekonomi,” katanya ditemui wartawan Minggu 24/04.

Disisi lain kata dia, turunnya harga getah karet yang dikeluhkan petani membuat perekonomian keluarga merosot. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari haru sulit.

“untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sulit, dan bahkan beberapa tahun terakhir harga getah karet semakin terpuruk,” keluh Zainal.

Sementara petani karet yang sudah terlanjur membeli kendaraan sepeda motor untuk alat transportasi juga terancam tidak mampu membayar angsuran kredit.

“Saya baru mengambil motor kredit, kalau harga getah karet sudah anjlok maka tidak bisa membayar,” keluh seorang petani karet khawatir kendaraannya akan ditarik leasing.

(Ariyan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *