Hari Pangan Sedunia: Sumenep Raih Tiga Penghargaan Prestisius

  • Whatsapp
Penghargaan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Jawa Timur ini diserahkan langsung oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo dan Ketua TP PKK Nia Kurnia Fauzi Wongsojudo

SUMENEP, beritaLima.com|Gubernur Jawa Timur memberikan penghargaan kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo atas kepeduliannya terhadap ketahanan pangan Jawa Timur 2023 katagori bidang Pemanfaatan Lahan Marginal.

“Semoga, penghargaan ini menjadi dorongan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan marginal yang muaranya demi meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Sumenep,” kata Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo kepada Media Center melalui telepon genggamnya, Rabu (15/11/2023).

Bacaan Lainnya

Pemerintah Daerah untuk komoditas sektor pertanian dengan memanfaatkan lahan marginal dataran tinggi, menjadi salah satu pendukung keberhasilan meningkatkan produksi dan produktivitas bawang merah dengan varietas unggulan lokal, yakni varietas Rubaru yang telah ditetapkan melalui keputusan Menteri Pertanian Nomor 2525/Kpts/SR.120/5/2011.

“Produksi bawang merah ini capaiannya 2020 luas panen 977 hektar, produksi 6.876 ton dan produkvitas 7,038 ton perhektar, 2021 luas panen 1.669 hektar, produksi 11.946 ton dan produkvitas 7,158 ton perhektar dan pada 2022 luas panen 1.586 hektar, produksi 11.553 ton dan produkvitas 7,285 ton perhektar,” terangnya.

Lahan marginal di Kabupaten Sumenep mencapai 72.453,37 hektar, sedangkan lahan marginal di Kecamatan Rubarau 4.378,55 hektar dan luas tanam bawang merah di lahan marginal Kecamatan Rubaru 1.198 hektar.

“Pengelolaan lahan komoditas bawang merah mencapai 27,36 persen dari lahan marginal di Kecamatan Rubaru,” tuturnya.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pertanian dan ketahanan pangan di Kabupaten Sumenep, terutama peran serta para petani bersama pemerintah daerah berinovasi dalam rangka mendukung ketahanan pangan.

“Pertanian dilakukan pengembangan merupakan wujud untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, jadi penghargaan ini mengapresiasi, memotivasi dan membangun sektor pertanian,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sumenep menerima piagam penghargaan sebagai juara 2 Lomba Cipta Menu Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) 2023 yang diterima oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep Nia Kurnia Fauzi.

Sedangkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sumenep juga mendapatkan penghargaan stand terbaik katagori Estetika Terbaik pada peringatan Hari Pangan Sedunia ke-43.

(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait