Hasto Himbau Pengurus Tingkatkan Target Pemenang Pilkada

  • Whatsapp

SIDOARJO, Beritalima.com|
Ratusan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dilantik sebagai pengurus badan di DPD PDIP Jawa Timur. Pelantikan itu menandai wujud konsolidasi partai dalam menghadapi Pilkada Serentak di 19 daerah tahun 2020.

Pelantikan yang disaksikan langsung Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto itu dilaksanakan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDIP Jawa Timur di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (18/2/2020). Mewakili pengurus pusat partai, Hasto hadir bersama dua wakil sekjen, yakni Arif Wibowo dan Sadarestuwati. Selain itu, hadir juga Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat.

Para pengurus itu terdiri atas sejumlah badan, seperti Badan Saksi, Badan Pemenangan Pemilu, Badan Penanggulangan Bencana, hingga Badan Pendidikan dan Latihan di PDIP Jawa Timur. Sebelum dilantik, terlebih dahulu dibacakan surat keputusan DPP PDIP soal pengangkatan mereka oleh Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari. Setelahnya, Sri dan Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi mengambil sumpah para pengurus yang telah dilantik itu.

Untuk diketahui, di Jawa Timur, ada 19 daerah kabupaten/kota yang akan melaksanakan pemilihan pada tahun ini. Sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2019, PDIP tentu ingin meraih prestasi maksimal pada Pilkada Serentak 2020, khususnya di Jawa Timur.

Hasto mengatakan bahwa partai menargetkan rekomendasi untuk seluruh calon kepala daerah bisa selesai pada akhir Maret 2020. Maka, sembari menunggu hal itu, seluruh pengurus daerah PDIP diwajibkan untuk memperkuat konsolidasi struktural. Dalam arti, kepengurusan partai dari tingkat provinsi hingga anak ranting harus segera diselesaikan.

“Sebab, sambil menunggu semua rekomendasi kepala daerah, wajib buat kita menyiapkan perencanaan. Lalu, pembentukan badan saksi, badan pemenangan, badan penanggulangan bencana, dan lain-lain,” kata Hasto.

Hasto minta agar struktur itu disiapkan secepatnya, sehingga ketika rekomendasi calon kepala daerah sudah lengkap, maka struktur partai langsung bisa bergerak. “Kita laksanakan rekomendasi tanpa mempertanyakan, tanpa ada kecuali, kita harus siap melaksanakan pemenangannya,” tegas Hasto.

Secara khusus, Hasto mengingatkan bahwa momentum Pilkada Serentak 2020 adalah satu tarikan napas dengan Pemilu 2024 yang dianggap sebagai tahun regenerasi kepemimpinan nasional. Maka dari itu, struktur PDIP hingga tingkat anak ranting harus memulai regenerasi kepemimpinan itu.

Ketua DPD PDIP Jawa Timur, Kusnadi, di hadapan peserta rakerda yang terdiri dari pengurus partai, anggota DPRD, hingga para kepala daerah, menyerukan agar semua bekerja keras bersama demi memenangkan Pilkada Serentak 2020.

“Jawa Timur adalah kandang PDI Perjuangan. Maka mari kita lakukan kerja ini bersama-sama,” pungkas Kusnadi.(yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait