Hekal: Kementerian BUMN Harus Pacu Kinerja Perusahaan Plat Merah

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus mampu memacu perusahaan plat merah itu meningkatkan kinerja dan bekerja lebih keras lagi sehingga lebih maju dari yang ada sekarang.

Bahkan, kata Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Mohamad Hekal, perusahaan–perusahaan milik negara harus jauh lebih maju dibandingkan milik swasta sehingga berjaya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.

“Kementerian BUMN harus memacu kinerja BUMN, terutama pemimpinnya agar bekerja lebih keras lagi sehingga juara di dalam negeri. Bila sudah bisa menjadi pemenang dalam negeri, baru bisa bersaing di luar,” kata Hekal saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Deputi Kementerian BUMN di Gedung Nusantara I DPR RI Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (13/9).

Wakil rakyat dari Dapil Provinsi Jawa Tengah IX tersebut mengatakan, selain memajukan BUMN, pemerintah juga harus memikirkan nasib perusahaan swasta.

Perusahaan swasta juga harus diberi ruang maju. Tetapi perusahaan BUMN jangan sampai menjadi kalah dan tertinggal. BUMN harus menjadi perusahaan yang memimpin pergerakan ekonomi Indonesia di tengah kemajuan pesat yang dialami perusahaan swasta.

“Yang kita harapkan adalah menjadi agent of development, yaitu memberi ruang untuk perusahaan swasta untuk tumbuh. Tetapi juga harus dipacu agar perusahaan BUMN mengambil peran yang leading di Indonesia,” harap politisi senior Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu.

Pada kesempatan serupa, anggota Komisi VI DPR RI, Dwie Aroem Hadiatie berpendapat, perusahaan BUMN harus mampu bersaing dengan sektor swasta, karena perusahaan swasta memiliki cost efficiency yang jauh lebih baik dibandingkan perusahaan BUMN.

Menurut politisi Partai Golkar tersebut, perusahaan BUMN harus lebih meningkatkan kinerja, agar tidak kalah dengan perusahaan swasta. Perusahaan plat merah harus memenangkan persaingan dengan sektor swatsa, karena cost efficiency-nya jauh lebih efektif dibandingkan BUMN.

“Jadi ini harus menjadi pertimbangan, agar BUMN kita dapat terus bersaing dengan swasta. Dan kami sepakat bersama-sama agar mendorong BUMN ini menjadi lebih baik dan maju, serta berkontribusi juga bagi bangsa,” harap politisi dapil Lampung itu. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *