HMS Menyerahkan 22.500 Butir Porang di Kabupaten Sumbawa

  • Whatsapp

Sumbawa NTB.beritalima.com-
Anggota DPR RI Fraksi PAN Komisi IV H.Muhammad Syafrudin,ST.MM yang akrab disapa HMS yang dikenal sederhana dan humanis telah hadir di desa lunyuk rea kecamatan lunyuk kabupaten sumbawa memberikan bantuan bibit porang untuk masyarakat lunyuk sebanyak 22.500 butir porang.

HMS menjelaskan,bahwa bibit porang ini didatangkan dari jawa dan memiliki sertifikat dengan harapan akan dapat memberikan bantuan kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan memicu yang lain untuk dapat bercocok tanam alternatif selain padi dan jagung.

“Porang sedang mendapat perhatian khusus dari berbagai kalangan mengingat jenis tanaman ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi sehingga tidak heran sangat digandrungi oleh masyarakat “demikin HMS menjelaskan kepada media sabtu (24/7/21)

H.M.Syafrudin mengatakan,di NTB khususnya Daerah pemilihan (Dapil NTB) pulau sumbawa budi daya porang masih dalam tahap percobaan kenapa saya katakan percobaan karena masyarakat sedang dalam proses menanam dengan terbatas baik karena bibitnya yang sulit untuk didapatkan juga harganya yang tinggi.

“Pohon porang adalah tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Di beberapa daerah di Jawa, tanaman porang dikenal dengan nama iles-iles.”Kata HMS tiga periode DPR-RI Bidang Pertanian

HMS menambahkan,harga porang di pasaran ekspor juga terus meningkat. Manfaat porang, terutama umbinya, digunakan untuk bahan baku pembuatan tepung konjak atau tepung glucomannan.Tepung ini yang kemudian dipakai sebagai bahan utama olahan shirataki, mi bening yang banyak dikonsumsi di Asia Pasifik. (Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait