Hotissue : Mana yang bermanfaat antara Bawang putih dan Bawang Hitam…

  • Whatsapp

RobertoNews : BAWANG PUTIH vs BAWANG HITAM
A. BAWANG PUTIH
Tak bisa dipungkiri bahwa setiap masakan tak akan lepas dari bumbu bawang putih.Salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur tiap masyarakat Indonesia adalah bawang putih.
Masakan terasa ambar karena tidak dilengkapi oleh bawang putih sebagai pengecap lidah selain untuk menyedapkan masakan, bawang putih juga ampuh menjaga kesehatan kita?

KANDUNGAN APA YANG TERDAPAT BAWANG PUTIH?
Bawang putih dengan nama latin Allium sativum. Bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae), Dalam satu buah bawang putih biasanya terdapat 1-10 siung. Setiap siungnya itu sendiri memiliki berat sekitar 6-8 gram. Maka, per 100 gram berambang putih kira-kira mengandung:4 kalori,1 gram karbohidrat 0,2 gram protein ,0,1 gram serat.0,1 miligram mangan (setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh)
0,9 miligram vitamin C (setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh) 5,4 miligram kalsium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh).0,4 mikrogram selenium (setara 1 persen% kebutuhan harian tubuh)

Berambang putih juga diperkaya oleh senyawa
1.antioksidan seperti  flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.
2.Sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida. 
Ketika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin.

APA MANFAAT BAWANG PUTIH :
1. Menyehatkan jantung
Penelitian dari Journal of Nutrition yang menggunakan aged garlic juga menunjukkan efek penurunan kadar kalsium serta protein C-reaktif dalam arteri koroner. Endapan kalsium dalam arteri koroner adalah tanda adanya penumpukan plak yang dapat mempersempit atau menyumbat arteri. Sementara protein C-reaktif adalah protein khusus yang memicu peradangan Dua kondisi di ataslah yang kemudian memicu aterosklerosis. Ketika aterosklerosis terjadi, Anda akan lebih rentan terhadap serangan jantung atau stroke

2. Menurunkan kolesterol
 Journal of PostgraduateMedicine dan International Journal of Medical Science and Public Health tahun 2016. melaporkan makan sekitar 10 gr bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan.karena bawang memiliki zat Alicin yang menghambat enzim yang berperan dalam sintesa Kolesterol

3. Mengendalikan tekanan darah
Sebuah penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences melaporkan
bahwa efek penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik sehabis makan bawang
Putih mentah hampir sama dengan obat atenolol. Karena kandu gan ALICIN yang
berefek mencegah sintesa Cholesterol.dan POLYSULFIDA yang bekerja memperlebar
pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah

4. Menurunkan risiko kanker
National Cancer Research Institute, bukti penelitian sejauh ini menunjukkan kaitan
antara konsumsi bawang putih rutin dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.
Karena mengandung sulfur aktif mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat
penyebarannya dalam tubuh

5. Menghindari Penyakit Dementia dan Alzhaemet
Riset dari Universitas Missouri menemukan bahwa turunan karbohidrat dalam bawang putih yang dikenal sebagai FruArg melindungi sel-sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit.
FruArg dalam bawang putih bisa memperbanyak sel mikroglia tanpa memicu peningkatan kadar oksida nitrat dalam otak. Ini artinya bawang putih menawarkan manfaat perlindungan bagi sel-sel otak dengan membuatnya lebih kebal terhadap risiko penyakit neurologis, seperti demensia dan Alzheimer.

6. Mengatasi jerawat
Berbagai studi membuktikan bahwa allicin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang membantu membunuh kuman penyebab jerawat.
Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dipercaya dapat membasmi jerawat. Mulai dari vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng yang bermanfaat untuk mengendalikan produksi minyak berlebih.

7. Memperkuat tulang
Studi dalam Journal of Nutrition in Gerontology and Geriatrics, flavonoid berpotensi meningkatkan pembentukan tulang sementara memperlambat proses pengeroposan mineral tulang

8. Melawan radang, pilek, dan batuk
Bawang putih adalah salah satu obat alami untuk memperkuat daya tahan tubuh. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih terbukti ampuh membunuh berbagai kuman penyebab penyakit umum, seperti pilek dan flu, batuk, dan radang tenggorokan.

9. Mengatasi rambut rontok
Kebotakan yang disebabkan oleh penyakit autoimun, bawang putih mentah bisa memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Beberapa orang bahkan mengoleskan minyak bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

BAWANG PUTIH MAKAN MENTAH
Studi of University of Maryland Medical Center membolehkan makan 1-4 siung bawang putih mentah setiap hari. Makan bawang putih lebih dari satu siung per hari mungkin bisa memperparah kondisi orang yang punya gangguan pencernaan parah. Selain itu, orang yang memiliki alergi, tekanan darah rendah, asma, bisul, atau masalah tiroid juga disarankan untuk lebih dulu konsultasi ke dokter sebelum makan bawang putih. 
segala jenis makanan alan menimbulkan efek negatif bila makanan berkebih

B. BAWANG HITAM
Dalam beberapa pekan terakhir masyarakat kita sedang heboh bicara tentang manfaat sebutir bawang hitam disebut Black Garlic.Di mana letak khasiat dan manfaat ganda bagi keseatan kita, mari kita bahas……..
Bawang Hitam / Bawang Putih Hitam ( Black Garlic ) merupakan bawang yang didapat dari hasil fermentasi melalui bawang putih dengan memanfaatkan suhu yang tinggi pada bawang putih dan menghasilkan bawang yang warnanya hitam. Rasanya agak sedikit manis, selain itu teksturnya lembut, gurih, dan rasanya pun kenyal.

Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang hitam ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia,Bawang Hitam Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori al;
• Vitamin C; Memenuhi 16 % kebutuhan harian
• Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
• Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
• Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
• Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.

Popularitas dari Bawang Hitam ( Black Garlic ) ini sendiri pun sudah tidak asing lagi di Amerika Serikat karena biasa dijadikan sebagai bahan utama untuk masakan kelas atas.Meskipun di Indonesia, Bawang Hitam pun masih asing untuk didengar, tetapi pada beberapa restoran mewah di Jakarta saat ini sudah banyak yang menggunakan Bawang Hitam sebagai bumbu untuk masakan mereka.

Bawang Hitam organik yang menjadi solusi untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit dan bisa dijadikan sebagai bahan utama dalam masakan keluarga Anda. Tidak ada campuran bahan kimia, pewarna dan zat lainnya. Dengan khasiatnya yang 20 kali lebih besar daripada herbal yang biasanya.

Selain itu juga, kemampuan dari Bawang Hitam sangat baik dalam membersihkan darah, dan bekerja juga sebagai anti toksin alami, gatal-gatal, alergi, anti radikal bebas atau antioksidan, anti virus, membasmi kuman jamur, bakteri, anti aging, dan juga untuk meregenerasi sel dan membentuk HB darah, trombosit, sehingga akan membuat pembentukan dari jaringan yang mengalami kerusakan karena operasi, infeksi, dan peradangan bisa lebih cepat.

HASIL RISET MEMBUKTIKAN
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Cina dan Jepang dan sudah di publish dalam jurnal yang ditulis oleh Wang, et al, 2010 Bawang Hitam itu sendiri adalah herbal yang berpotensi baik sebagai anti tumor. Dari hewan uji dalam bentuk tikus senhaga dibuat mengalami penyakit tumor, dan setengahnya berhasil sembuh dari penyakitnya dengan diberikan asupan ekstrak dari Bawang Hitam ( Black Garlic ) .
Penelitian yang lain menunjukkan jika Bawang Hitam juga sangat baik dalam mencegah penuaan dini. Menurut penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa proses fermenteasi yang terjadi dari bawang putih tadi untuk bisa mendapatkan Bawang Hitam sudah terbukti sangat baik membantu meningkatkan:!
a. Kadar dari polifenol meningkat hingga 23%
b.Kadar flavonoidnya meningkat hingga 37%

Polifenol dan flavonoid ini bekerja sebagai antioksidan yang bisa mencegah penyakit kanker muncul, serta penuaan dini. adanya sumber antioksidan yang akan menangkap dan mengikat radikal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan di dalam sel-sel tubuh. dengan kadar antioksidan yang meningkat secara alami maka resiko penyakit kanker dan penuaan dinipun bisa diturunkan.

Penelitian yang sama pun terbukti jika ekstrak Bawang Hitam sudah terbukti akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang menyebabkan kerusakan di lapisan kulit bagian luar atau kulit ari, sehingga akan memberikan efek seperti terbakar di kulit.

Manfaat n Mekanisme kerja Bawang Hitam :
1.Memiliki Senyawa Allicin, Digunakan Untuk Obat.
Mengandung allicin memang salah satu zat yang digunakan sebagai obat. Allicin merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang hitam. Apa fungsi dari allicin ini ? Berbagai riset telah dilakukan terhadap zat ini menemukan bahwa ia memiliki efek penting untuk beberapa isu kesehatan di bawah ini :
• Menurunkan berat badan
• Mengencerkan darah
• Mencegah hipertensi
• Zat anti kanker
• Antioksidan
• Dan anti anti mikroba/bakteri.

2. Anti Kanker
ditemukan oleh para peneliti ketika mengandung sulfida alil terdapat dalam bawang hitam yang menyebabkannya sebagai herbal anti kanker.Salah satu bukti nyata yang ditemukan para peneliti adalah kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen Sebab itu bawang hitam memiliki zat anti kanker yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang berbahaya bagi anda.

3.Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang hitam efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8% (Sumber : WebMD). Bahkan efek dari bawang hitam ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal.

4. Sumber Antivirus/anti bakteri/ Antioksidan Yang sangat Ampuh.
sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh kandungan dalam bawang hitam ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.

5. Ampuh Memangkas Kolesterol Jahat (LDL)
berbagai riset membuktikan bahwa ia dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%.

6. Bawang Hitam Efektif Untuk Kecantikan Kulit.
a. Membersihkan komedo.
b.. Menghilangkan luka dan jerawat

7. Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer
Bawang hitam mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.untuk meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi.
Manfaat ganda seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

8. Bawang Hitam Dapat Memangkas Berat Badan.
Obesitas atau berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan ini mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang kita namakan sistem inflamasi. Vinyldithiin zat yang terdapat pada bawang hitam dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan .

9.Menghilangkan Sakit Gigi Sangat Ampuh.
memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi anda.

10.Meningkatkan Metabolisme Zat Besi
dapat meningkatkan produksi protein ini sehingga membantu menjaga zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan bahwa Manfaat Bawang Hitam ( Black Garlic )adalah :
1.membantu mengobati penyakit kolesterol, hipertensi, penyakit myom, tumor, dan kankr
2.untuk awet muda, anti penuaan dini, membuat kulit lebih cantik, dan membersihkan darah
3.mengatasi penyakit kronis pada organ paru-paru seperti asma, batuk, dan sesak bafas.
4. membantu mencegah penyakit stroke dan serangan jantung
5.membantu memperbaiki sistem pencernaan,proses detoksifikasi atau pengeluaran racun.
6.membantu mengurangi gejala parkinson.
7.membantu mengatasi penyakit DM, membantu meningkatkan hormon insulin.
8.membantu membuang logam berat didalam tubuh seperti merkuri, dll.
9.membantu mencegah penyakit alzheimer.
10.membantu memperbaiki sel didalam hati
11.membantu meredakan nyeri sendi atau arthritis
12.membantu memelihara kesehatan tubuh

Peringatan:
Hitam ( Black Garlic ), ada beberapa hal yang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya :
Orang yang beralergi bawang putih
Orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat
Orang yang sedang mengalami migran

Cara Penyimpanan yang baik dan benar :
Simpanlah pada tempat tertutup
Simpanlah dalam tempat yang bersuhu dingin
Hindarkan dari sinar matahari secara langsung

Demikian pengetahuan umum tentang mana lebih bermanfaat sebutir bawang putih dan Bawang Hitam,anda yang menilai sendiri. semoga sajikan kami ini bermanfaat menambah wawasan anda.Anda Sehat Kami Bangga!
Sekilas info,Semoga bermanfaat.
RobertoNews 829 《26.1.2020(21.44)》

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait