HPL Minta Jaga Kelestarian Alam dan Sumber Air Untuk Kelangsungan Hidup

  • Whatsapp

JEMBER, Beritalima.com|
Anggota DPRD Jatim Hari Putri Lestari SH MH atau yang akrab dipanggil HPL ini, memberikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga kelestarian alam dan sumber daya air.

Menurut HPL, di musim penghujan seperti sekarang, tidak menutup kemungkinan rentan terhadap bencana banjir dan longsor. Peristiwa tersebut disebabkan oleh perilaku masyarakat yang tidak menjaga keseimbangan alam.

“Melakukan penebangan pohon di hutan secara sembarangan akan menyebabkan longsor, membuang sampah sembarangan yang menyebabkan saluran air tersumbat yang berakibat terjadinya banjir. Dan pembuangan limbah di saluran air seperti sungai atau laut, menyebabkan habitat air terkontaminasi,” terang wanita cantik yang selalu tampil penuh energik ini.

Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Wakil ketua DPD PDI-P Jatim ini saat pihaknya menggelar kegiatan Sosialisasi dan wawasan kebangsaan dengan mengangkat Tema “Mewaspadai Dampak Krisis Air Bersih Terhadap Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan” yang berlangsung di Hotel Aston Jember.

Acara tersebut di hadiri oleh Ketua PDI-P Jember, beberapa OPD Pemerintah Kabupaten Jember, organisasi, tokoh masyarakat dan dari beberapa elemen masyarakat Jember.

Anggota komisi A DPRD provinsi Jatim ini menyampaikan, bahwa kesejahteraan masyarakat itu diciptakan dengan menjaga keseimbangan, antara keberlanjutan pembangunan dan kelestarian alam, termasuk di dalamnya adalah sumber daya air.

“Kami juga berpikir tentang wawasan dan lingkungan, karena jangan sampai kita tujuannya membangun, memenuhi keinginan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi 10-20 tahun kemudian ada dampak terhadap lingkungan yang tidak berbasis kepada kemaslahatan masyarakat,” ujarnya.

HPL mengingatkan bahwa seyogyanya di dalam meningkatkan pembangunan perekonomian, harus dibarengi dengan momentum untuk membangkitkan kesadaran masyarakat, agar senantiasa menyadari arti pentingnya menjaga dan melestarikan sumber air yang ada.

“Menjaga sumber air dapat dilakukan dengan memanfaatkan air secara efisien, menghemat penggunaan air, melakukan penanaman pohon untuk menyimpan cadangan air tanah, serta menanamkan rasa cinta lingkungan kepada generasi penerus,” ungkapnya.

Karena itu, sangat dibutuhkan untuk meningkatkan semangat kembali tentang hati dan perasaan demi menjaga kelestarian air dan lingkungan yang bermanfaat bagi kita semua,

HPL juga meminta seluruh masyarakat untuk ikut bekerja sama dan menjaga kelestarian, agar bumi ini bersih dan hijau, sehingga lingkungan lestari dan ketersediaan air bersih selalu terjamin.

“Kami meminta kepada masyarakat, mari kita sayangi bumi ini dengan menjaga kelestariannya, sayangi air, dan pelihara karena sumber air adalah Sumber kehidupan,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait