HPL Minta Pemerintah Lebih Perhatian Terhadap Lansia Dan Nakes

  • Whatsapp

BANYUWANGI, Beritalima.com|
Anggota DPRD provinsi Jatim Hari Putri Lestari atau yang biasa dipanggil HPL mengatakan, semua orang pada akhirnya akan menjadi tua. Saat itulah kita butuh orang lain untuk membantu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan masih banyak orang tua yang tinggal di panti Werdha membutuhkan perhatian dan kasih sayang kita karena mereka benar-benar tidak mampu melakukan aktivitasnya secara mandiri.

Anggota DPRD provinsi Jatim dari komisi E melakukan
kunjungan kerja lapangan dalam rangka monitoring fasilitas, pelayanan, kebutuhan, kondisi, dll di Tresna Werda ( perawatan lanjut usia) UPT Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, di Tegalrejo Kabupaten Banyuwangi.

Dalam kunker tersebut HPL menemukan berbagai kebutuhan lansia yang belum tercover.

“Saya melihat ada prioritas yang perlu tambahan fasilitas ruang/kamar perawatan khusus lansia yang berkebutuhan khusus yaitu lansia yang sudah sepenuhnya perlu perawatan, karena lansia tersebut tidak bisa melakukan aktivitas secara mandiri,” terang HPL.

HPL mengungkapkan, dalam kunker di Tresna Werda ini, pihaknya menilai masih diperlukan tambahan tenaga perawat.

“Dari jumlah 100 orang lasnia hanya ada perawat 9 orang, berarti 1 perawat merawat 10 sampai dengan 11 orang lansia. Tenaga perawat dengan status PTT dengan tugas yang berat dan harus telaten, menurut saya gajinya perlu ditingkatkan,” sambungnya.

Politisi PDIP ini menambahkan, pihaknya
perlu menghimbau sekolah SD, SMP, bahkan Mahasiwa perlunya secara bergantian melakukan kunjungan ke panti Werda.

“Anggap saja berwisata berkunjung ke tempat-tempat perawatan lansia, karena mereka yang dirawat disini mayoritas tidak pernah dikontak, bahkan tidak pernah dikunjungi oleh anak cucu atau saudara mereka. Anggaplah kunjungan ke panti Werda merupakan implementasi dari pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti untuk menghormati dan merawat orang tua, agar nantinya mereka jangan menelantarkan orang tua yang sudah bersusahpaya merawat dan mendidik mereka,” pungkasnya.(Yul)

Pos terkait