HUT Korpri ke 48, Bupati Apresiasi 2 ASN Harumkan Pemkab Sidoarjo

  • Whatsapp

Sidoarjo, beritalima. Com | Pemerintah Daerah (Pemda) Sidoarjo melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 48 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) dan HUT ke 20 Dharma Wanita Persatuan, bertempat di Alun-alun Sidoarjo, Jum’at (29/11) pagi tadi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD Sidoarjo, Usman dan Sekretaris Daerah (Sekda), Achmad Zaini, serta perwakilan Forkopimda dan pimpinan OPD lingkup Pemda Sidoarjo beserta jajarannya.

HUT Korpri ke 48 tahun 2019 mengambil tema “Berkarya, Melayani dan Menyatukan Bangsa”, upacara diawali dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, sekaligus menyanyikan lagu Indonesia Raya, diikuti oleh peserta upacara tanpa terkecuali, dan dilanjutkan pengucapan teks Pancasila serta pengucapan UUD 1945 juga Panca Prasetya Korpri.

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yang dibacakan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, menyampaikan selamat HUT KE 48 untuk seluruh anggota Korpri, “Saat ini, kita berada di dunia yang berubah dengan cepat, yang sangat berbeda dengan dua puluh, tiga puluh atau empat puluh tahun yang lalu. Revolusi industri jilid ke-4 telah mendisrupsi segala lini kehidupan, bukan hanya cara dalam berkomunikasi tapi juga dalam cara mengelola pemerintahan”.

“Di sisi lain, persaingan antarnegara juga semakin sengit untuk berebut teknologi, berebut pasar dan memperebutkan talenta talenta hebat yang digunakan untuk memajukan negaranya”.

“Dalam menghadapi perubahan dan persaingan itu, kita tidak boleh takut. Kita harus menghadapi persaingan itu dengan cara-cara baru, dengan terobosan-terobosan baru. Kecepatan,kreativitas dan inovasi adalah kunci. Cara-cara lama yang
monoton, yang tidak kompetitif tidak bisa diteruskan lagi. Kita harus bisa lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan negara lain.
Karena itu, saya mengajak seluruh anggota KORPRI untuk mengambil jalan perubahan, melakukan reformasi secara berkelanjutan. Tidak ada lagi pola pikir lama. Tidak ada lagi kerja linear. Dan tidak ada lagi kerja rutinitas. Birokrasi harus berubah. Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, cepat beradaptasi dengan perubahan. kata Jokowi, melalui amanat yang dibacakan Bupati Sidoarjo.

“Saya mengajak seluruh Anggota KORPRI untuk terus menerus bergerak mencari , terobosan, terus menerus melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan yang menyulitkan rakyat, harus kita pangkas. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi. Orientasi birokrasi harus betul-betul berubah, bukan lagi berorientasi pada prosedur, tapi lebih berorientasi pada hasil nyata. Panjangnya rantai pengambilan keputusan juga harus bisa dipotong, dipercepat dengan cara penerapan teknologi. Bahkan saya sudah minta eselon 3 dan 4 untuk ditiadakan, sehingga pengambil keputusan bisa lebih cepat. Hal yang pahit harus kita lakukan. Karena di era persaingan antarnegara yang semakin sengit seperti saat ini jika kita lambat, kita pasti tertinggal. Karena itu ukurannya adalah bukan lebih baik dari sebelumnya tapi lebih baik dari negara lain yang menjadi saingan kita”, ujar Jokowi lewat amanat yang dibaca Bupati Saiful Ilah.

“Saya juga sering mengingatkan bahwa kita harus mengurangi kegiatan seremonial yang sifatnya rutinitas dan lebih meningkatkan produktivitas serta berorientasi pada hasil. Tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani dengan baik serta program-program pembangunan betul-betul
terdelivered, dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Sekedar melayani saja sudah tidak cukup, pelayanan yang diberikan harus baik dan diimbangi dengan kemudahan serta kecepatan”, lanjut Presiden Jokowi dalam amanat yang dibacakan Bupati Saiful Ilah.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengapresiasi kepada ASN yang telah mengharumkan nama Pemkab Sidoarjo di ajang nasional. Dua ASN yang membawa nama Sidoarjo tersebut yaitu Nunik Kurniawati dari SMPN 2 Porong Juara Harapan I MTQ Korpri 2018 Nasional Cabang KHATH (Kafilah Korpri Provinsi Jatim) dan dr. Atok Irawan Direktur RSUD Sidoarjo yang dinobatkan Anugerah Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) pratama teladan 2018.

Pada ajang Pornas Korpri 2019 di Bangka Belitung yang berlangsung mulai tanggal 11-19 November 2019. Ada 4 ASN pemkab Sidoarjo yang tampil meraih juara, keempatnya tergabung dalam 12 atlet Korpri Sidoarjo di Kontingen Korpri Propinsi Jatim.

Agustina Eri C dari SDN Sidokumpul meraih medali emas Pornas Korpri Cabor Senam Korpri, Tria Juniar dari SDN Waru 2 meraih medali emas Pornas Korpri Cabor Senam Korpri. Kemudian ada Khristyana Ekatarina dari SDN Sidodadi 2 meraih medali emas Pornas Korpri Cabor Senam Korpri, dan ada Dean Novianti dari SDN Buduran menyabet medali emas ganda putri di Pornas Korpri.

Dean Novianti juga menyabet medali perunggu tenis meja beregu dan medali perunggu tenis meja campuran, ujarnya. (kus).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *