Hut Lapas di Kabupaten Fakfak Gelar Beberapa Kegiatan

  • Whatsapp

Fakfak, beritalimacom– Dalam rangka memperingati HUT Lembaga Pemasyarakatan Indonesia yang jatuh pada 27/04/2017, LP di Kabupaten Fakfak akan menggelar berbagai kegiatan, yang berhubungan dengan pembinaan para narapidana.

“Selama ini lapas sebagai penegak hukum sudah melakukan apa yang menjadi tugas dalam pembinaan khususnya, sebagai warga binaan.” Ujar Kalapas Fakfak Badaruddin kepada Wartawan Selasa (25/4).

Dikatakan Badaruddin, bahwa besok lapas fakfak akan memperingati Hut lapas yang ke-53 Tahun yang akan dilaksanakan sebelum hari jadi terlebih dahulu, ada berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh warga binaan seperti Pembacaan AlQuran yang sudah dimulai sejak tanggal 20 April dari masyarakat Fakfak.

“Pada 23 April itu kita melaksanakan Paskah bersama, yang dihadiri oleh Kepala Lapas dan juga ada kegiatan kerja bakti bersama yang bertempat dijalan Dr Salasa Namudat (reklamasi) Jalbar Fakfak, serta juga diiringi dengan mengumpulkan sampah bersama,” tuturnya.

Selain itu juga melaksanakan pembersihan di lingkungan lapas. Sehingg, lapas juga disebut layak huni dari situlah, menurut Badaruddin mencoba mengantisipasi terhadap hal-hal yang ada.

“Memang beberapa kendala yang kami hadapi seperti, pembinaan, fasilitas sarana prasarana yang ada dan yang khususnya pegawai lapas yang untuk saat ini berjumlah 35 orang, serta masalah ruangan di lembaga pemasyarakatan ini terlalu sempit, bahkan lembaga pemasyarakatan fakfak ini peninggalan dari jaman Belanda,” paparnya.

Oleh sebab itu, Badaruddn menambahkan bahwa selama ini tidak bisa memaksimalkan jumlah tahanan, dan itu yang menjadi kendala yang dialami jumlah tahanan utuk saat ini berjumlah 112 napi dan kamar yang tersisa atau kosong 6 ruangan yang kosong.

“Bahkan kesehatan, makanan bagi warga binaan dan lain-lain baik dan terjamin baik jasmani dan rohani semuanya terjamin baik serta juga tahanan pun ada yang titipan dari kabupaten di dalam Papua Barat seperti, Sorong, Kaimana dan lain-lain,” imbuhnya.

(Amatus Rahakbauw)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *