IHSG Hanya Satu Sektor Yang Mengalami Kenaikan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima— Indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka turun 0,21% atau 10,52 poin ke level 5.097,11 pada perdagangan Jumat (25/11/2016).

Sebelumnya IHSG ditutup melemah 104,37 poin atau -2,00% di level 5.107,62 setelah bergerak di kisaran 5.102,42-5.194,24. IHSG Dari 538 saham yang diperdagangkan, sebanyak 86 saham menguat, 218 saham melemah, dan 234 saham stagnan.

Adapun, dari sembilan sektor, hanya satu sektor yang mengalami kenaikan, yakni sektor pertanian. Sementara, penurunan tertajam dialami sektor aneka industri yang turun 2,85%, disusul oleh sektor infrastruktur yang turun 2,59% dan sektor finansial yang anjlok 2,56%.

Sementara itu, bursa Asia bergerak bervariasi. Sama dengan IHSG, FTSE Malaysia KLCI melemah 0,25%, Indeks Taiwan TAIEX -0,28%, Indeks Hang Seng Hong Kong juga melemah 0,30% dan Indeks Kospi -0,84%. Begitu juga indeks SE Thailand yang anjlok 0,23%.

Kepala Riset PT Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan perdagangan saham kemarin banyak dipengaruhi oleh isu domestik, disamping soal isu the Fed yang kian percaya diri untuk menaikkan suku bunganya Desember ini.

“Regional baik-baik saja, harga komoditas juga, net sell asing di pasar reguler juga turun. Namun, ini ada hubungannya juga dengan politik di dalam negeri dan Bank Mandiri yang kabarnya menambah pencadangan NPL, ini IHSG langsung turun, anjlok,” papar Satrio, Kamis (24/11/2016).

Isu politik tersebut terkait dengan kasus Ahok tentang penistaan agama, di mana Buni Yani juga dijadikan tersangka. Selain itu, ada pengaruh dari pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani kemarin terkait langkah yang diambil oleh pemerintah, dalam hal ini Presiden Jokowi di bidang perekonomian.

Riset Sinarmas Sekuritas menyatakan IHSG terkoreksi sebagai imbas dari apresiasi dolar AS terhadap mata uang beberapa negara G7 di mana secara indeks dolar AS sudah berada di 101,7, yaitu merupakan level tertinggi selama sepuluh tahun ini.

Adapun, keyakinan pasar akan kenaikan suku bunga the Fed Desember ini semakin tinggi setelah penafsiran hasil pertemuan FOMC minggu lalu yang dirilis kemarin menunjukkan mayoritas anggota komite menyetujui kenaikan dalam waktu dekat, Bagaimana pergerakan IHSG pada hari ini? Ikuti lajunya hingga penutupan.’’(Sbr – Bisnis)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *