Ikut Meriahkan Surabaya Vaganza, Inilah Filosofi Mobil Hias Singa Barong BPJS Ketenagakerjaan

  • Whatsapp
Inilah Mobil Hias "Singa Barong" BPJS Ketenagakerjaan dalam Parade Surabaya Vaganza 2019 yang menarik perhatian penonton, Minggu (24/3/2019).

SURABAYA, beritalima.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan turut menyemarakkan Parade Mobil Bunga Surabaya Vaganza 2019, Minggu (24/3/2019).

Inovasi tema yang ditampilkan kali ini bertema “Memayu Hayuning Bawana”. Tema ini diambil sesuai filosofi tarian jaranan dan simbol Singa Barong yang sesuai nilai leluhur Jawa.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Dodo Suharto, yang hadir bersama empat Kepala Kantor Cabang se-Surabaya Raya, menjelaskan, interpretasi dari ‘Memayu Hayuning Bawana’ adalah melakukan hal yang benar demi keselamatan dan kesejahteraan dunia beserta seluruh isinya.

Oleh karenanya, lanjut dia saat ditemui di garis start di Tugu Pahlawan Surabaya, alam harus diperlakukan, dijaga dan dilindungi dengan cara sebaik-baiknya.

Dikemukakan, filosofi tersebut sesuai dengan tujuan BPJS Ketenagakerjaan sebagai Jembatan Menuju Kesejahteraan Pekerja dalam memberikan perlindungan yang optimal bagi seluruh pekerja dan keluarganya.

Dalam Parade Mobil Bunga yang merupakan rangkaian acara perayaan Hari Ulang Tahun Kota Surabaya ke 726 ini seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Raya dan Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur turut berjalan dari garis start sampai finish di depan SMAK Santa Maria Jalan Raya Darmo, Surabaya.

Mereka mengiringi mobil hias BPJS Ketenagakerjaan berwarna merah berbentuk Singa Barong berhiaskan bunga, yang juga diikuti satu barongang, dua penari kuda lumping, dan seorang ganongan.

Mobil hias yang didominasi warna merah dan tulisan 4 program BPJS Ketenagakerjaan ini cukup menarik perhatian masyarakat Kota Surabaya yang memadati sisi kanan dan kiri sepanjang rute.

Dodo menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai bentuk negara hadir untuk melindungi dan menyejahterakan masyarakat melalui jaminan sosial ketenagakerjaan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Sejalan dengan filosofi tarian Singa Barong, yaitu perlindungan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia, BPJS Ketenagakerjaan dengan 4 manfaat programnya hadir untuk mendukung program Pemerintah Kota Surabaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Surabaya, baik itu pekerja formal, informal, jasa konstruksi, pekerja migran Indonesia, dan pegawai non aparatur sipil negara.

“Hal ini merupakan bukti nyata di tengah masyarakat akan pentingnya memiliki jaminan sosial dan perlindungan diri dari risiko sosial dan ekonomi yang dapat terjadi dimana saja dan kapan saja,” tandas Dodo.

Ditambahkan, BPJS Ketenagakerjaan, yang dalam kegiatan ini diwakili Cabang Surabaya Raya selalu aktif mengikuti perayaan HUT Kota Surabaya. Tahun lalu mobil hias BPJS Ketenagakerjaan berhasil meraih Juara 3.

Dalam Parade Bunga Surabaya Vaganza 2019 yang diberangkatkan oleh Walikota Surabaya Tri Risma Harini, tercatat diikuti 40 mobil hias, 37 komunitas lintas budaya, dan bebeberapa Walikota peserta APEKSI yang diarak dengan Jeep. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *