Ikuti Perkembangan Zaman, PKK Kota Madiun Mulai Terapkan Aplikasi SIM

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Digitalisasi di Kota Madiun, Jawa Timur, juga merambah organisasi PKK. Bekerja sama dengan Dinas Kominfo, aplikasi Sistem Informasi Manajemen
(SIM) PKK, diluncurkan.

Aplikasi untuk mempermudah pekerjaan dan tugas-tugas di PKK tersebut juga mulai disosialisasikan kepada tim penggerak. Salah satunya, melalui pelatihan yang berlangsung di GCIO Kota Madiun, Kamis 31 Agustus 2023.

Pelatihan tersebut, dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun, Ny. Yuni Setyawati Maidi.

‘’Hari ini kami melakukan pelatihan aplikasi SIM PKK kepada para anggota. Harapan kami, melalui aplikasi ini nanti semakin mempermudah dan mempercepat proses proses data yang diperlukan,’’ kata Yuni, yang juga istri Walikota Madiun, H. Maidi.

Melalui aplikasi SIM PKK ini, lanjutnya, petugas sudah tidak perlu lagi menginput data secara manual. Semua sudah terdigitalisasi. Namun, tentu perlu petugas yang mengimpun data untuk dimasukkan dalam aplikasi. Karena itu, diperlukan pelatihan. Apalagi, data yang dihimpun cukup banyak. Mulai dari PKK tingkat kota, kecamatan, kelurahan, RT/RW, hingga Dasawisma.

‘’Kita selalu dituntut untuk serba cepat diera digitalisasi ini. Karena itu, penerapan aplikasi ini sangat penting dan akan sangat membantu sekali,’’ tambahnya.

Pelatihan kali ini setidaknya melibatkan sebanyak 40 anggota PKK dari tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan. Peserta pelatihan tersebut nantinya akan menghimpun data anggota PKK untuk kemudian dimasukkan dalam aplikasi. Penerapan itu penting untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan di PKK, kususnya pelaporan rutin tahunan.

‘’Karena kita harus melaporkan kegiatan di akhir tahun ke PKK Provinsi. Mudah-mudahan tahun ini bisa kita mulai pelaporan secara digital,’’ harapnya.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, R. Juvita Rosa. (Kmf/editor Dibyo).

Ny. Yuni (atas) kiri. R. Juvita Rosa (kanan) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait